Bibir kering/Boldsky.com
Fashion

Beragam Penyebab Mulut dan Bibir Kering

Mia Chitra Dinisari
Senin, 7 Maret 2022 - 19:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika Anda pernah mengalami rasa lengket dan kering di mulut sebelumnya, kemungkinan Anda mengalami mulut kering.

Menurut Healthline, mulut kering juga dikenal sebagai xerostomia, dan biasanya bukan kondisi medis yang serius. Mulut kering bisa menjadi tanda kondisi lain, tetapi memiliki gejalanya sendiri.

Selain merasa kering di mulut, Anda mungkin juga mengalami bibir pecah-pecah, bau mulut, dan tenggorokan kering. Gejala mulut kering ini dapat menyebabkan masalah lain, termasuk kesulitan berbicara, menelan, atau mengunyah makanan.

Banyak orang mungkin tidak menyadari betapa pentingnya merawat mulut kering. Mulut kering yang tidak diobati dapat menyebabkan menurunnya kebersihan mulut.

NHS Inform melaporkan bahwa mulut kering sesekali diharapkan, tetapi serangan yang sering dapat menjadi penyebab kekhawatiran. Mengalami mulut kering terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan gigi dan masalah gigi lainnya, seperti penyakit gusi. Mungkin juga tubuh Anda kekurangan nutrisi yang tepat jika Anda mulai mengalami kesulitan mengunyah dan menelan.

Air liur, cairan di mulut Anda, adalah bagian penting dari kebersihan mulut karena menjaga mulut Anda tetap bersih dan lembab, dan membantu proses pencernaan. Kelenjar ludah menghasilkan air liur untuk membantu mencegah kerusakan gigi dan bakteri, lapor Mayo Clinic. Mulut kering disebabkan oleh kurangnya air liur di dalam mulut. Pelakunya bervariasi dari orang ke orang.

Bagi banyak orang, obat-obatan yang harus disalahkan untuk mulut kering. Menurut Klinik Cleveland, antihistamin, dekongestan, dan bahkan obat tekanan darah dapat menyebabkan mulut kering. Orang yang menjalani perawatan kanker seperti terapi radiasi atau kemoterapi juga dapat mengalami mulut kering.

Jenis perawatan ini dapat mengubah berapa banyak air liur yang dihasilkan seseorang. Penyebab lain dari mulut kering termasuk dehidrasi, penggunaan tembakau, atau kondisi medis tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan sindrom Sjogren.

Untuk membantu mencegah mulut kering di rumah, Web MD merekomendasikan mengisap permen bebas gula dan bernapas melalui hidung lebih dari mulut Anda. Jika Anda melihat gejala mulut kering terus-menerus muncul, jangan ragu untuk menghubungi dokter Anda sehingga Anda dapat menghindari komplikasi serius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro