Logo World Health Organization (WHO) / www.who.int
Health

WHO Desak Ukraina Hancurkan Patogen Berbahaya di Laboratoriumnya

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 12 Maret 2022 - 09:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan Ukraina untuk menghancurkan patogen berisiko tinggi yang diduga ditempatkan di laboratorium di negara itu untuk mencegah "potensi tumpahan" yang akan menyebarkan penyakit.

Pakar biosekuriti mengatakan risiko lolosnya patogen penyebab penyakit akan sangat besar, jika salah satu fasilitas itu rusak.

Seperti banyak negara lain, Ukraina memiliki laboratorium kesehatan yang meneliti cara mengurangi ancaman penyakit berbahaya yang menyerang hewan dan manusia termasuk, yang terbaru, COVID-19. 

WHO mengatakan bahwa mereka telah berkolaborasi dengan laboratorium kesehatan masyarakat Ukraina selama beberapa tahun untuk mempromosikan praktik keamanan yang membantu mencegah “pelepasan patogen yang tidak disengaja atau disengaja. ”.

“Sebagai bagian dari pekerjaan ini, WHO telah sangat merekomendasikan kepada Kementerian Kesehatan di Ukraina dan badan-badan lain yang bertanggung jawab untuk menghancurkan patogen ancaman tinggi untuk mencegah potensi tumpahan,” kata WHO, sebuah badan PBB melansir AlJazeera.

WHO tidak mengatakan kapan mereka membuat rekomendasi atau memberikan secara spesifik tentang jenis patogen atau racun yang disimpan di laboratorium Ukraina.

Badan tersebut juga tidak menjawab pertanyaan tentang apakah rekomendasinya diikuti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro