Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wow! BTS Sukses Pecahkan Rekor Baru di Ajang 36th Japan Gold Disc Awards

BTS berhasil membawa pulang rekor 10 penghargaan tahun ini. Capaian tersebut menjadikan mereka musisi asing pertama dalam sejarah yang pernah memenangkan 10 penghargaan dalam satu tahun di Japan Gold Disc Awards.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 14 Maret 2022  |  13:14 WIB
Wow! BTS Sukses Pecahkan Rekor Baru di Ajang 36th Japan Gold Disc Awards
K-Pop BTS. - Twitter BTS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Industri Rekaman Jepang atau Recording Industry Association of Japan (RIAJ) mengumumkan penenang 36th Japan Gold Disc Awards pada Senin (14/3/2022) waktu setempat. Pada kesempatan itu, Bangtan Boys (BTS) berhasil membuat rekor baru lantaran penghargaan yang diterimanya dari ajang tersebut.

Mengutip Soompi pada Senin (14/3/2022), BTS berhasil membawa pulang rekor 10 penghargaan tahun ini. Capaian tersebut menjadikan mereka musisi asing pertama dalam sejarah yang pernah memenangkan 10 penghargaan dalam satu tahun di Japan Gold Disc Awards.

Grup idola K-Pop ini tidak hanya memenangkan Artist of the Year (Asia) selama 4 tahun berturut-turut. Mereka juga memenangkan Album of the Year (Asia) untuk album kompilasi Jepang mereka BTS, THE BEST dan Music Video of the Year ( Asia) untuk “Peta Jiwa ON:E.”

Penghargaan Best 3 Albums (Asia) tahun ini jatuh ke (Attacca) SEVENTEEN, (Chaotic Wonderland) TXT, dan (BTS, THE BEST) BTS. Lagu fenomenal BTS, (Butter) meraih penghargaan untuk Song of the Year oleh Download (Asia) dan Song of the Year by Streaming (Asia), sementara lagu kolaborasi BTS dan Coldplay, My Universe memenangkan Song of the Year oleh Download (Barat ).

Baik Permission to Dance maupun Butter, BTS masing-masing memenangkan salah satu dari 5 Lagu Terbaik tahun ini oleh Streaming Awards (yang mencakup lagu-lagu Jepang dan Barat), sementara Butter juga memenangkan salah satu dari lima lagu terbaik yang diunduh di Negeri Sakura.

Sementara itu, untuk kategori pendatang baru baru, ENHYPEN meraih penghargaan New Artist of the Year (Asia). Penghargaan Best 3 New Artists (Asia) tahun ini diberikan kepada ITZY, ENHYPEN, dan TREASURE, yang semuanya melakukan debut resmi mereka di Jepang pada 2021.

Sebelumnya BTS berhasil memperoleh sertifikat Diamond pada kategori streaming dari RIAJ berkat lagu hitsnya yang berjudul Dynamite. Lagu ini resmi menerima sertifikasi berlian dalam kategori streaming setelah melampaui 500 juta streaming dalam waktu kurang dari 2 tahun.

Sebagai catatan, pada 2020 RIAJ menerapkan sistem sertifikasi baru untuk streaming lagu sebagai tambahan dari sistem sertifikasi yang sudah ada sebelumnya untuk pengiriman album fisik dan penjualan unduhan digital.

Menurut sistem baru, lagu-lagu disertifikasi perak setelah mencapai 30 juta streaming, emas di 50 juta streaming, platinum di 100 juta streaming, dan berlian di 500 juta streaming.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bts Kpop
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top