Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banyak Benjolan di kulit, Ketahui Jenis Penyakitnya

Berikut jenis penyakit kulit yang sering terjadi yang bisa memicu benjolan di kulit Anda
Robby Fathan
Robby Fathan - Bisnis.com 15 Maret 2022  |  15:14 WIB
Kutil pada sekitar daerah kelamin - Istimewa
Kutil pada sekitar daerah kelamin - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kulit merupakan bagian tubuh yang rentan terkena masalah atau gangguan kesehatan.

Bukan tanpa alasan, kulit memang menjadi bagian tubuh yang berfungsi untuk melindungi organ dan bagian dalam dari serangan kuman, bakteri, maupun, virus.

Dengan begitu, kulit menjadi lapisan pertama yang sering mengalami kontak dengan berbagai kuman, bakteri, dan virus penyebab penyakit.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut mulai dari gatal-gatal, bercak kemerahan, bengkak, hingga rasa terbakar. Biasanya masalah kulit ini juga mendapat pengaruh dari beberapa faktor lain.

Seperti, suhu udara, kondisi kebersihan lingkungan, dan kebersihan diri sendiri.

Berikut jenis penyakit kulit yang sering terjadi:

1. KELOID

Keloid adalah benjolan jaringan parut yang tumbuh melewati batas luka. Ini mungkin terus tumbuh berminggu-minggu setelah kulit Anda sembuh. Lebih umum pada kulit gelap, keloid dapat terbentuk di mana saja, tetapi seringkali mereka berada di daun telinga, bahu, punggung atas, dada, atau pipi. Mereka tidak berbahaya, jadi jika mereka tidak mengganggu Anda, Anda bisa membiarkannya. Tetapi jika salah satu terlalu besar atau gatal, Anda dapat mengobati atau menghilangkannya. Untuk mencegahnya, hindari tindikan atau operasi yang tidak Anda perlukan.

2. KISTA KULIT

Kantung kecil berwarna daging di bawah kulit Anda ini diisi dengan keratin -- protein yang lembut seperti keju. Benjolan yang tumbuh lambat terbentuk ketika folikel rambut atau kelenjar minyak tersumbat atau rusak. Sebagian besar kista kulit bersifat jinak (bukan kanker) dan tidak memerlukan perawatan kecuali jika melukai, bocor, atau mengganggu Anda. Tetapi yang terbaik adalah meminta dokter memeriksanya untuk menyingkirkan kondisi yang lebih serius, terutama jika menjadi merah, nyeri, atau bengkak.

3. DERMATIS APOTIK

Dermatitis atopik, atau eksim, terkadang menyebabkan benjolan kecil gatal yang bisa mengeluarkan cairan. Tidak jelas apa yang menyebabkan kondisi jangka panjang ini, tetapi gen mungkin berperan. Ini juga terkait dengan alergi dan asma. Dokter mengobati eksim dengan krim, pil, dan suntikan untuk membantu meredakan peradangan. Anda dapat membantu dengan menjaga kelembapan kulit dan menghindari hal-hal yang memicu wabah, seperti stres atau sabun

4. KUTIL

Kutil bisa muncul di tangan, wajah, kaki, dan anggota badan Anda. Semua disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), tetapi jenis yang berbeda hanya mempengaruhi bagian tubuh tertentu. Anda dapat menyebarkannya ke orang lain atau area kulit baru dengan sentuhan. Kutil dapat hilang dengan sendirinya, tetapi pengobatan menghentikan penyebarannya. Obat yang dijual bebas dapat membantu, tetapi temui dokter untuk kutil yang sakit, menyebar, gatal, terbakar, berdarah, atau muncul di wajah atau alat kelamin Anda.

5. PEMBENGKAKAN KELENJAR GETAH BENING

Kelenjar kecil di leher, ketiak, atau selangkangan, yang disebut kelenjar getah bening, adalah bagian dari sistem kekebalan Anda. Saat Anda melawan infeksi, mereka bisa membengkak menjadi benjolan seukuran kacang polong atau lebih besar. Mereka menjadi lebih kecil saat Anda menjadi lebih baik. Tetapi beri tahu dokter jika bengkak selama 2 minggu atau lebih, terasa keras, tumbuh cepat, dekat dengan tulang selangka, atau kulit di atasnya berwarna merah. Ini, bersama dengan penurunan berat badan, keringat malam, demam, atau kelelahan.

6. TAHI LALAT

Hampir semua orang dewasa memiliki tahi lalat - bintik-bintik bulat datar atau sedikit terangkat. Mereka datang dalam banyak warna, tetapi mereka sering berwarna cokelat atau hitam. Sebagian besar waktu, Anda tidak perlu khawatir tentang mereka. Tapi yang berubah dalam ukuran, bentuk, atau warna bisa menandakan kanker kulit. Tunjukkan kepada dokter Anda jika tahi lalat memiliki bentuk yang tidak biasa, tepi yang tidak rata, warna yang berbeda, semakin besar, tumbuh dari kulit Anda, atau berdarah, keluar cairan, gatal, sakit, atau berubah menjadi bersisik.

7. TAG KULIT

Tag kulit adalah pertumbuhan kecil kulit dengan tonjolan di ujungnya. Mereka biasanya terbentuk di tempat-tempat di mana kulit Anda bergesekan, seperti leher, ketiak, atau selangkangan. Untuk sebagian besar, Anda tidak perlu khawatir tentang mereka. Tetapi jika terasa sakit, berdarah, atau teriritasi, tunjukkan kepada dokter Anda. Mereka dapat membekukan atau memotongnya atau menggunakan arus listrik ringan untuk melepaskannya. Jangan mencoba untuk menyingkirkan mereka sendiri. Itu bisa menyebabkan pendarahan atau infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kulit kering kulit perawatan kulit
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top