Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Sundae Shower, Sabun Mandi Lokal Atasi Masalah Kulit Sensitif

Sundae Shower diperkaya dengan minyak esensial yang dapat melembabkan dan menjaga kesehatan kulit bahkan diklaim dapat mengatasi masalah kulit sensitif dan bermasalah.
Dewi Andriani
Dewi Andriani - Bisnis.com 08 Maret 2022  |  04:02 WIB
Sundae Shower, Sabun Mandi Lokal Atasi Masalah Kulit Sensitif
Produk Sundae Shower - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Industri kecantikan lokal di Indonesia terus berkembang seiring dengan berbagai inovasi yang tak kalah dibandingkan dengan brand-brand dari luar negeri. Tidak mengherankan bila banyak masyarakat yang tertarik menggunakan brand kecantikan buatan anak bangsa.

Berdasarkan data dari sejumlah e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia, kategori kecantikan dari brand lokal merupakan salah satu yang mengalami peningkatan paling pesat selama masa pandemi.  Misalnya saja untuk produk serum, masker wajah, kosmetik, perawatan kulit (skincare), hingga perawatan tubuh.

Salah satu brand lokal yang tengah naik daun dan diminati masyarakat adalah Sundae Shower produk perawatan tubuh berupa sabun dengan tekstur krim padat  atau whipped shower cream pertama di Indonesia berbahan dasar alami.

Diperkaya dengan minyak esensial yang dapat melembabkan dan menjaga kesehatan kulit bahkan diklaim dapat mengatasi masalah kulit sensitif dan bermasalah, seperti eksim, jerawat badan dan keratosis pilaris. Selain itu, Sundae Shower juga memiliki aroma yang menyegarkan dan menenangkan dengan warna-warni yang menarik.

Pemilik Sundae Shower Tammilia Suri mengatakan hadirnya brand ini bermula ketika dirinya dan Inosensia Winona terinspirasi dari brand-brand kecantikan luar negeri yang unik dan mampu memberi pengalaman mandi yang menyenangkan.

“Namun kami ngga hanya ingin menambah keunikan produk tetapi juga menghadirkan produk yang berdampak baik bagi para penggunanya sehingga pengalaman yang didapatkan tidak hanya ‘fun’, namun juga ‘beneficial’,” ujarnya, Senin (7/3/2022).

Untuk menghadirkan produk ini, Tammi dan Winona melakukan proses riset dan pengembangan sejak 2019 hingga akhirnya resmi diluncurkan pada Maret 2020 lalu. Produk ini sendiri dilahirkan karena belum adanya whipped shower cream di Indonesia sehingga Sundae Shower pun diklaim sebagai sabun krim padat pertama di Indonesia.

“Kami memulai bisnis ini dari produksi handmade rumahan. Mulanya kami memasarkan dengan mencoba kasih ke orang-orang terdekat yang memiliki masalah kulit dan memberikan review,” ujarnya.

Dari situ mulai banyak yang ingin mencoba. Bermula dari yang awalnya hanya mampu menjual sekitar 30 produk hingga akhirnya saat ini Sundae Shower mampu menjual sekitar 900 hingga 1000 produk setiap bulannya.

Untuk memenuhi kebutuhan kapasitas tersebut, Sundae Shower pun saat ini sudah memiliki tim dan profesional yang membantu proses operasional bisnisnya.

Dalam mengembangkan bisnisnya, Tammie mengatakan bahwa mereka berfokus pada kualitas produk termasuk membuat komunitas yang terdiri dari para pelanggan setianya yaitu para Sundae Club.

“Kami mendengarkan input dan feedback dari mereka dalam tiap pengembangan bisnis Sundae. Goals utamanya adalah membuat Sundae Club happy dan satisfied karena kami percaya dengan customer yang bahagia, bisnis pun akan jadi lebih bermakna,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga aktif melakukan brand awareness melalui media sosial termasuk membuat video di Tik Tok yang mampu menarik jumlah viewers hingga puluhan ribu bahkan sempat di-review secara organik oleh sejumlah konten kreator sehingga menjadi viral dan menembus jumlah penonton sampai 2,3 juta viewers.

Sundae Shower juga termasuk salah satu brand lokal yang aktif mengikuti kampanye di sejumlah e-commerce sehingga ikut mendongkrak penjualan sekitar 30% hingga 50%.

Diakui olehnya selama masa pandemi ini penjualan produk Sundae Showe mengalami peningkatan. Pasalnya banyak masyarakat yang menghabiskan banyak waktu di rumah sehingga mencari kesenangan dengan melakukan perawatan diri dan pengalaman mandi yang menyenangkan.

Selain itu, masyarakat juga lebih peduli terhadap higienitas yang menyebabkan produk kecantikan dan personal carebath, and shower seperti Sundae Shower mengalami peningkatan.

Sundae Shower sendiri berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Best Artisan Body and Hair untuk salah satu produknya yaitu  produk Berry Sweet Shower Cream dari Tokopedia Beauty Award 2021.

Adapun produk yang paling diminati adalah Sundae Shower Cream varian Love & Dear yang mengandung Lavender Oil, Sweet Almond Oil, Virgin Coconut Oil; kemudian ada pula Whipped Body Lotion sebagai line produk kedua Sundae; dan varian Funilla yang mengandung AHA, Lactic Acid, Niacinamide, Shea Butter, Oat Milk.

Range harga Sundae Shower Cream Rp 79.000 per 100gr serta Whipped Body Lotion seharga Rp115.000 per 250ml.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kecantikan kecantikan
Editor : Dwi Nicken Tari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top