Ilustrasi madu yang ternyata bermanfaat sebagai obat alternatif. Madu adalah makanan yang tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas/Freepik.com
Health

8 Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Anshary Madya Sukma
Rabu, 16 Maret 2022 - 15:22
Bagikan

Sambal, Mentega, Madu, dan Minyak

5. Sambal Pedas

Sambal pedas kemasan memiliki tingkat keasaman dan garam yang sangat tinggi, yang berarti bisa bertahan pada suhu kamar selama bertahun-tahun sesuai tanggal kedaluwarsa.

6. Mentega

Agar memiliki tekstur yang tetap lembut sebaiknya mentega jangan disimpan di kulkas karena menurut The Spruce Eats dalam artikel mereka tentang hal ini , mentega sebagian besar mengandung lemak.

Ini mengandung sedikit air dan sejumlah kecil protein (3–4 persen), tetapi tidak cukup untuk mendorong pertumbuhan bakteri yang signifikan, terutama jika dikonsumsi dalam waktu seminggu. 

Dalam beberapa kasus mentega akan bisa teroksidasi dan berubah menjadi tengik, namun hal itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena itu bisa membuat mentega tetap terasa nikmat. Ketengikan ini disebabkan oleh paparan cahaya, panas dan oksigen, jadi lebih baik simpan mentega jauh dari sumber panas langsung.

7. Madu

Madu tidak akan pernah berubah menjadi buruk jika tidak disimpan di kulkas karena memiliki kadar air yang rendah dan pH rendah membuatnya cukup untuk bertahan di suhu ruangan. Faktanya juga madu memang lebih baik disimpan di meja daripada di kulkas, suhu kulkas yang lebih dingin akan menyebabkan madu mengeras dan mengkristal menjadi lumpur yang kental

Tips nya simpan madu pada suhu kamar, dalam wadah non-reaktif dan jauhkan dari sinar matahari langsung, dan madu akan bertahan cukup lama.

8. Minyak/ Lemak

Minyak murni tidak mendukung pertumbuhan dari mikroba, jadi tidak perlu memasukan nya ke dalam kulkas, hal itu dapat mengambil rasa dan bau dari barang-barang lain di lemari es jika minyak tidak disimpan dalam wadah kedap udara.

Bau tengik adalah hal lain yang perlu dikhawatirkan dengan lemak, dengan menjaga minyak goreng dari cahaya langsung dan pada suhu dingin (tidak dingin) dapat mencegahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro