air mineral/boldsky.com
Health

Apa Dampak AMDK yang Terpapar Sinar Matahari?

Jessica Gabriela Soehandoko
Jumat, 18 Maret 2022 - 20:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melakukan penelitian pada 334 toko dan 307 konsumen di wilayah Jabodetabek.

Dari hasil penelitian tersebut, diketahui baik dari sistem distribusi dan penyimpanan menjadi hal yang perlu diperhatikan lebih lagi.

Dari hasil survey, diketahui bahwa dalam rantai distribusi yakni dari proses pengangkutan masih menggunakan truk atau kendaraan terbuka sebesar 85 persen. 

“Kalau beli AMDK yang dijual terpapar oleh sinar matahari dan airnya sudah hangat, ketika kita minum sebenarnya sudah tidak layak. Hal ini karena terkontaminasi biji plastik yang sudah lebur di dalam air” Ucap Ketua Pengurus Harian YLKI, Tulus Abadi

Tulus Abadi juga menanggapi bahwa selain sinar matahari, berbagai kotoran seperti debu pada saat distribusi juga dapat menjadi salah satu aspek perlindungan yang perlu diperhatikan kepada konsumen.

“Akan menjadi sayang kalau dari pabrik sudah sesuai standar dan baik, namun pada saat di jalan tidak diperlakukan dengan baik”. Ucapnya dalam webinar bertema “Monitoring dan Pengawasan, Pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Jabodetabek” oleh YLKI (18/3/2022).

Dari hasil observasi penyimpanan, juga diketahui bahwa mayoritas penjual merasa penting untuk menyimpan di tempat yang terhindar dari sinar matahari.

Namun pada nyatanya, masih ada 45 persen toko yang berisiko dan sebesar 14 persen terpapar matahari secara langsung.

Arzeti Bilbina, selaku anggota Komisi 9 DPR RI uga mengatakan bahwa konsumen memiliki hak untuk mendapatkan produk yang baik. Arzeti juga mengatakan bahwa perlu meningkatkan pada keamanan pada wadah atau kemasannya dan juga sistemnya.

Arist Merdeka Sirait, selaku ketua umum Komnas Perlindungan Anak, juga mengatakan bahwa anak juga perlu untuk mendapatkan produk seperti makanan dan minuman yang aman. 

Dalam diskusi, YLKI juga memberikan beberapa rekomendasi terkait AMDK yakni sebagai memperbesar ukuran petunjuk pada label agar mudah terbaca oleh konsumen, lebih gencar dalam melakukan edukasi, pihak produsen yang harus memenuhi standar dan perlunya aturan yang terkait tulisan peringatan pada label galon AMDK.

Kemudian, rekomendasi lainnya dari YLKI adalah adanya upaya penurunan kadar BPA untuk melindungi konsumen usia rentan, Penjual AMDK Galon perlu lebih memperhatikan dalam penyimpanan yang benar, dan konsumen perlu memperhatikan petunjuk penyimpanan dan pemakaian AMDK yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro