Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Seiring Bertambah Usia, Anda akan Lebih Sulit Tidur

Colin Espie, PhD, Co-Founder dan Kepala Ilmuwan Kesehatan Besar dan Profesor Kedokteran Tidur di Universitas Oxford menjelaskan adalah normal seiring bertambahnya usia
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Maret 2022  |  13:01 WIB
Ilustrasi lansia
Ilustrasi lansia

Bisnis.com, JAKARTA - Orang lansia biasanya akan mengalami sulit tidur malam yang nyenyak.

Colin Espie, PhD, Co-Founder dan Kepala Ilmuwan Kesehatan Besar dan Profesor Kedokteran Tidur di Universitas Oxford menjelaskan adalah normal seiring bertambahnya usia

Espie menjelaskan bahwa di kemudian hari, tidur Anda cenderung sedikit lebih terfragmentasi. Adalah normal untuk kurang tidur nyenyak, serta periode terjaga yang terputus-putus.

Tapi mengapa demikian? Menurut Espie, "Banyak orang dewasa yang lebih tua mengalami pergeseran ritme tidur alami mereka. Ada penuaan [apa yang dikenal sebagai] jam sirkadian."

Jam sirkadian Anda memiliki ritme 24 jam dan dipandu oleh tubuh Anda secara internal. Jam internal Anda mengatur segalanya mulai dari fase tidur dan bangun Anda, hingga suhu tubuh Anda, makan dan pencernaan, dan sebagainya.

Perubahan sirkadian adalah kejadian alami; sebuah "konsekuensi penuaan yang sehat,".

Seiring bertambahnya usia, Anda cenderung tidur lebih awal setiap malam dan bangun lebih awal setiap hari. Ini adalah kebalikan dari siklus sirkadian remaja, yang membuat individu dalam kelompok usia tersebut tetap terjaga hingga larut malam. Espie menjelaskan,

"Perubahan sirkadian juga dapat menyebabkan orang dewasa yang lebih tua merasa mengantuk di siang hari dan waspada di dini hari." Paparnya.

Dia juga menambahkan bahwa perubahan sirkadian adalah kejadian alami; sebuah "konsekuensi penuaan yang sehat," jika Anda mau. Namun, perubahan sirkadian sebenarnya lebih berbeda pada individu yang menderita demensia, catat Espie.

Sebuah penelitian sebelumnya mengungkapkan orang yang lebih tua jauh lebih mungkin untuk bangun selama tidur mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brigham and Women's Hospital menganalisis data pola tidur individu berusia 21 hingga 30 tahun, dibandingkan dengan orang dewasa berusia 60 hingga 74 tahun. Menurut peneliti utama studi tersebut, Dr. Klerman, "Studi kami menemukan bahwa baik orang muda maupun orang tua tidak mengalami kesulitan tidur, tetapi populasi yang lebih tua empat kali lebih mungkin untuk bangun sepanjang malam jika dibandingkan dengan orang yang lebih muda."

.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur usia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top