Pengeroposan tulang (osteoporosis)/Istimewa
Health

Ladies, Ini 6 Perubahan Gaya Hidup Agar Bebas Osteoporosis

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 22 Maret 2022 - 11:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Menjaga kesehatan tulang harus menjadi prioritas bagi semua, terutama wanita, untuk mengimbangi pengeroposan tulang terkait usia.

Tulang memainkan peran penting dalam memberikan kekuatan untuk tubuh serta membantu kita bergerak, berdiri dan menjalani hidup kita dengan mudah. Tulang menyimpan mineral yang diperlukan dan juga menampung 'sumsum tulang' yang membantu dalam produksi sel darah yang berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh.

Wanita cenderung menderita kehilangan massa tulang seiring bertambahnya usia, karena kadar hormon (estrogen dan progesteron) mereka cenderung bervariasi. Penting untuk dicatat bahwa pubertas, kehamilan, menyusui, dan menopause mempengaruhi kekuatan tulang. Jika kerangka tubuh lemah, jatuh atau cedera sekecil apa pun dapat menyebabkan patah tulang dan membuat mobilitas menjadi sulit.

Berikut adalah beberapa tips penting oleh para ahli, dilansir dari Hindustan Times:

1.      Lakukan aktivitas fisik

Latihan seperti berjalan, jogging, dan menaiki tangga, dapat membantu seseorang membangun tulang yang kuat dan memperlambat perkembangan pengeroposan tulang. Dianjurkan untuk mulai mengikuti kegiatan ini pada tahap awal kehidupan.

2.      Asupan Vitamin D

Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium dalam tubuh dan memainkan beberapa peran dalam meningkatkan kesehatan tulang. Vitamin D yang rendah merupakan indikasi kepadatan tulang yang lebih rendah dan meningkatkan risiko keropos tulang. Sumber terkaya vitamin D adalah sinar matahari diikuti dengan diet termasuk ikan berlemak, kuning telur, sereal, produk susu, jus jeruk dan susu kedelai.

3.      Makan makanan kaya kalsium

Diet kaya kalsium membantu membangun kepadatan tulang. Diet harus mencakup produk susu, ikan, almond, brokoli, tahu, dll. yang merupakan makanan penting yang berkontribusi terhadap kesehatan tulang. Pengurangan kadar kalsium secara langsung tercermin dalam tulang. Kalsium rendah menyebabkan osteoporosis, tulang rapuh, dan patah tulang mendadak.

4.      Menghindari alkohol

Alkohol mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium yang menyebabkan kepadatan tulang yang rendah. Mengurangi kebiasaan tidak sehat dianjurkan untuk mendapatkan tulang yang sehat untuk waktu yang lebih lama.

5.      Kurangi asupan garam

Peningkatan asupan garam dapat berkontribusi pada penurunan kadar kalsium dan peningkatan pengeroposan tulang. Wanita, terutama setelah menopause sebaiknya mengurangi konsumsi makanan olahan dan kalengan yang biasanya memiliki kandungan garam tinggi.

6.      Hindari asupan kafein berlebih

Kafein menyebabkan ekskresi kalsium dari tubuh lebih cepat dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, yaitu dua cangkir sehari.

Meskipun penting untuk mengikuti langkah-langkah di atas, skrining juga penting untuk memastikan kesehatan tulang. Skrining harus dimulai sebelum usia 30 tahun dan mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan tulang yang lemah harus menjalani skrining dua kali setahun untuk menghindari risiko.

Sumber:

https://www.hindustantimes.com/lifestyle/health/6-important-lifestyle-changes-for-women-to-prevent-osteoporosis-bone-loss-101647858441339.html

Penulis: Intan Riskina Ichsan/Magang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro