Nyeri punggung atau low back pain bisa menyerang usia muda, terutama karena terlalu lama bekerja di balik meja/Freepik.com
Health

Kerap Terjadi Saat WFH, Ini Cara Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Newswire
Selasa, 22 Maret 2022 - 16:35
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Selama pandemi Covid-19, keluhan nyeri otot dan sendi terkesan semakin meningkat, terutama dari kalangan muda yang mana bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH).

Padahal sebelum pandemi, penyakit nyeri otot dan sendi identik dengan penyakit orang lanjut usia yang memang mengalami degenerasi, sehingga kinerja sendi dan ototnya tidak lagi maksimal.

Melihat hal tersebut, Kepala Instalasi Rehabilitas Medik (IRM) RS M. Ridwan Meuraksa, yakni dr. Saad Budiyono, SpKFR lantas membagikan tips menghindari sekaligus menanggulangi nyeri otot dan sendi.

"Saat kita memakai sendi dan otot, yang pasti harus disesuaikan dengan usia dan aktivitas. Jangan kita sampai berlebihan, jangan sampai digunakan berlebihan. Jangan melampaui kapasitas kita. Perlu diingat juga sendi dan otot juga tidak boleh terlalu lama tidak digerakkan. Ini harus bergerak sesuai dengan kapasitasnya," katanya.

Ia menjelaskan, misalnya ketika posisi bekerja mengharuskan Anda duduk seharian, ada baiknya setiap dua jam sekali anda mengganti posisi.

Mengganti posisi dalam melakukan sebuah aktivitas, rupanya dapat mengurangi tekanan atau kompresi pada satu bagian tubuh yang dapat berpotensi menyebabkan nyeri di bagian otot atau sendi yang menanggung beban tubuh.

Selain itu, untuk mencegah terjadinya nyeri otot dan sendi Anda juga bisa melakukan olahraga ringan namun dengan intensitas yang rutin.

"Paling mudah ya [olahraga] jalan kaki, minimal 30 menit sampai 1 jam. Itu bisa disertai dengan kita mengangkat tangan kita sambil melatih pernafasan. Idealnya itu dilakukan tiga sampai lima kali dalam seminggu. Intinya sesuai dengan usia," kata dr. Saad.

Ia juga menambahkan, agar bisa menghindari nyeri pada otot dan sendi ada baiknya gerakan pemanasan serta pendinginan dilakukan bagi orang-orang yang gemar melakukan olahraga berat, seperti berenang, bermain bola, hingga bersepeda.

Tidak hanya itu, cara terakhir agar otot dan sendi tidak mengalami nyeri ialah makan makanan bergizi. Asupan yang tinggi kalsium dan mendukung massa otot tentunya akan lebih baik timbang makanan siap saji yang tinggi kolestrol dan berdampak buruk bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro