Ilustrasi mandi sitz
Health

Terapi Mandi Sitz, Bantu Ringankan Rasa Sakit Akibat Fisura Ani

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 24 Maret 2022 - 14:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi masyarakat Indonesia, mandi sitz mungkin masih terdengar sangat asing di telinga. Namun demikian, ia memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikutip dari Saint Luke’s, kamis (24/3/2022), mandi sitz adalah jenis terapi yang dilakukan dengan duduk di air hangat dan dangkal.

Terapi tersebut dapat membantu membersihkan dan mengobati masalah tertentu, seperti nyeri dan gatal, di area anus, area genital, dan perineum. Adapun perineum itu sendiri adalah daerah antara anus dan vulva pada wanita, sedangkan pada pria, ia terletak antara anus dan skrotum.

Secara lebih detail, mandi sitz juga bermanfaat untuk membantu meringankan rasa sakit dan gatal akibat wasir, meringankan rasa sakit dari fisura ani, menenangkan perineum setelah melahirkan, dan membersihkan area anus setelah operasi.

Tak hanya itu, ia juga dapat meringankan nyeri prostat selama prostatitis, membantu meringankan kram menstruasi, serta membersihkan area anal dan genital jika Anda tidak bisa mandi.

Cara mandi sitz

Adapun mandi sitz ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni di bathup atau menggunakan mangkuk mandi sitz.

Tata cara untuk mandi sitz di bathup adalah sebagai berikut:

  1. Isi bak dengan air hangat lebih kurang 10 cm. Dalam beberapa kasus, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meminta Anda untuk menggunakan air dingin sebagai gantinya;
  2. Tambahkan garam atau obat ke dalam air, jika disarankan oleh penyedia layanan kesehatan Anda;
  3. Masuk dan dudukkan diri di dasar bak;
  4. Jika Anda memiliki luka, air dapat menyebabkan rasa sakit pada awalnya. Namun, pastikan area yang sakit tersebut berada di bawah air. Anda dapat menekuk lutut ke atas untuk membantu mengekspos area yang perlu kontak dengan air.

Sementara itu, cara mandi sitz dengan menggunakan mangkuk mangkuk mandi sitz adalah sebagai berikut:

  1. Belilah mangkuk mandi sitz di toko obat atau toko peralatan medis;
  2. Angkat tutup toilet dan dudukannya. Tempatkan mangkuk mandi sitz plastik yang sudah dibersihkan di tepi toilet Anda. Pastikan mangkuk terpasang dengan kuat di tempatnya dan tidak akan bergerak;
  3. Isi mangkuk dengan air hangat. Pastikan airnya dapat menyentuh perineum Anda;
  4. Tambahkan garam atau obat ke dalam air, jika disarankan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Anda juga bisa mengikuti petunjuk paket tentang cara mengisi mangkuk. Beberapa kit dilengkapi dengan kantong plastik dan tabung. Ini memungkinkan Anda mengalirkan air ke dalam mangkuk dan di area tubuh Anda yang membutuhkan perawatan;
  5. Duduklah di sitz bath bowl;
  6. Pastikan area yang perlu dirawat berada di bawah air.

Namun, perlu diingat, Anda harus segera menghubungi dokter jika setelah mandi sitz Anda merasa demam (38°C ke atas), kemerahan, bengkak, atau keluarnya cairan dari luka (sayatan) yang semakin parah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro