Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Orang Indonesia Paling Banyak Transaksi Contactless di Supermarket

Berdasarkan survei di Indonesia ada 6 kategori orang melakukan transaksi contactless. Yaitu 17% di Supermarket, 16% belanja ritel, 15% perjalanan ke luar negeri, 15% perbelanjaan di toko serba ada, 14% makanan, 14% Hiburan
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 29 Maret 2022  |  18:13 WIB
Orang Indonesia Paling Banyak Transaksi Contactless di Supermarket
Transaksi digital - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pandemi COVID-19 telah mengubah gaya hidup masyarakat, membuat mereka lebih memilih untuk melakukan aktivitas dengan minim sentuhan atau contactless demi kesehatan, kenyamanan, dan keamanan mereka di luar rumah.

Bukan lagi hanya dengan pembayaran non-tunai, tetapi sistem pembayaran kini akan berlaih ke teknologi yang lebih maju yaitu metode contactless atau nirsentuh, yang menjadi solusi metode pembayaran yang sudah diminati semenjak Pandemi Covid-19.

Tidak hanya digunakan untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga di supermarket. Contactless juga sangat bermanfaat untuk pembayaran makanan hingga Traveling, masyarakat hanya tinggal menempelkan kartu untuk bertransaksi.

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia mengatakan bahwa pengguna contactless di Indonesia terbagi menjadi 6 kategori pembayaran

"Berdasarkan survei di Indonesia ada 6 kategori orang melakukan transaksi contactless. Yaitu 17% di Supermarket, 16% belanja ritel, 15% perjalanan ke luar negeri, 15% perbelanjaan di toko serba ada, 14% makanan, 14% Hiburan,” ujarnya dalam konferensi pers virtualnya.

Riko menambahkan berdasarkan studi mereka menunjukkan bahwa 70% pemegang kartu contactless di Indonesia berencana lebih sering menggunakannya, dengan 77% di antaranya berencana menggunakan transaksi contactless setidaknya seminggu sekali, ditambah pada masa pandemi membuat pengguna meningkat.

Di Indonesia, pembayaran Visa contactless memungkinkan konsumen menyelesaikan transaksi dengan kecepatan sekali tap tanpa harus otorisasi PIN atau tanda tangan untuk nominal di bawah Rp1 juta.

Rikopun optimis bahwa Asia Pasifik mampu seperti negara lain di dunia.

Seiring semakin banyak konsumen yang merasakan manfaat pembayaran contactless, Indonesia akan semakin siap bergabung dengan komunitas global dalam merangkul cara membayar yang nyaman.

Grace Situmeang selaku Head of Card Business Division PT Bank Negara Indonesia, mengungkapkan bahwa kini contactless sudah menjadi gaya hidup. “Seiring dengan perkembangan teknologi dan, mempermudah untuk melakukan transaksi pembayaran kini metode contactless sudah menjadi gaya hidup di Indonesia, bahkan akan menjadi kebutuhan”

Menurutnya juga adanya kolaborasi dengan VISA, semoga concatcless membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam pembayaran dan higienis. 

Keamanan pribadi dan higiene pembayaran menjadi prioritas utama yang mendorong banyak konsumen Indonesia untuk beralih ke pembayaran nontunai dan mempertimbangkan pembayaran contactless.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

transaksi visa supermarket
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top