Ilustrasi perempuan mengalami stres/Digitaltrends
Health

Waspada! 6 Sinyal yang Isyaratkan Sistem Imun Tubuh Melemah

Alifian Asmaaysi
Rabu, 30 Maret 2022 - 18:16
Bagikan

Bisnis.com - Di tengah pandemi Covid-19 dan kondisi iklim yang kerap mengalami perubahan drastis, tak jarang tubuh cenderung lebih lemah dalam menghalau penyakit. Hal tersebut terjadi dikarenakan sistem imun tubuh yang kurang bekerja maksimal. Waspadai 6 sinyal yang mengisyaratkan imun tubuh melemah. 

Sistem imun merupakan sebuah sistem pertahanan dalam melawan bakteri serta virus yang hadir atau menjangkit di dalam tubuh. Apabila sistem tubuh menurun, hal tersebut secara praktis akan berdampak pada tubuh. Imbasnya, bisa menyebabkan tubuh lebih mudah diserang virus, bakteri, dan berbagai patogen lainnya.

Sebetulnya saat sistem imun mengalami penurunan, tubuh memberikan sinyal yang harus dipahami. Ada beberapa tanda yang harus Anda pantau saat sistem tubuh melemah seperti dilansir dari Penn Medicine, Rabu (30/3/2022). 

6 Sinyal yang Isyaratkan Imun Tubuh Melemah

1. Tingkat Stres Sangat Tinggi

Menurut sebuah laporan American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respons sistem kekebalan tubuh Anda.

“Stres menurunkan limfosit tubuh, sel darah putih yang membantu melawan infeksi. Semakin rendah tingkat limfosit Anda, semakin Anda berisiko terkena virus seperti flu biasa,” jelas Nadia Hasan, DO , seorang dokter di Delancey Internal Medicine.

2. Pilek Berkepanjangan

Sangat normal apabila Anda mengalami flu seperti bersin dan pilek. Namun, perlu menjadi catatan bahwa flu yang normal umumnya terjadi kurang lebih tujuh sampai 10 hari saja.

“Selama waktu itu, dibutuhkan sistem kekebalan tiga hingga empat hari untuk mengembangkan antibodi dan melawan kuman yang mengganggu,” kata Dr. Hasan.

Tetapi jika Anda terus-menerus masuk angin, atau pilek yang tidak kunjung sembuh, itu tanda yang jelas bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang berjuang untuk mengimbanginya.

3. Anda Memiliki Banyak Masalah Perut

Jika Anda sering mengalami diare, kembung atau sembelit, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tengah terganggu.

Penelitian menunjukkan bahwa hampir dari 70 persen sistem kekebalan Anda terletak di saluran pencernaan. Bakteri dan mikroorganisme baik akan mempertahankan usus Anda dari infeksi dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Bakteri usus yang bermanfaat ini dalam jumlah rendah dapat membuat Anda berisiko terkena virus, peradangan kronis, dan bahkan gangguan autoimun.

4. Luka yang Lambat Sembuh

Ketika kulit terluka, tubuh akan secara otomatis bekerja untuk melindungi luka dengan mengirimkan darah yang kaya nutrisi ke luka untuk membantu regenerasi kulit baru.

Proses penyembuhan ini bergantung pada sel-sel kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan Anda melemah, kulit Anda tidak dapat beregenerasi dengan baik.

5. Anda Sering Infeksi

Jika Anda cenderung mudah terinfeksi sebuah penyakit, itu bisa jadi tanda yang coba disampaikan oleh sistem imun tubuh Anda.

American Academy of Allergy Asthma & Immunology melaporkan bahwa tanda-tanda kemungkinan defisiensi imun pada orang dewasa meliputi:

• Mengalami lebih dari empat infeksi telinga dalam satu tahun
• Mengalami infeksi pneumonia dua kali dalam periode satu tahun
• Menderita sinusitis kronis atau lebih dari tiga episode sinusitis bakteri dalam setahun
• Membutuhkan lebih dari dua kursus antibiotik setahun

6. Mudah Merasa Lelah

Jika Anda sudah memiliki waktu tisur yang cukup namun masih kerap mengalami kelelahan, ada baiknya mempertimbangkan jika sistem kekebalan Anda mencoba memberi tahu bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tengah mengalami penurunan.

“Itu karena tubuh Anda mencoba menghemat energi untuk mengisi sistem kekebalan Anda sehingga dapat melawan kuman,” jelas Dr. Hasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro