Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Puasa bagi Ibu Hamil, Tekan Risiko Diabetes Gestasional

Puasa bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil. Apa saja? Berikut ulasannya.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 06 April 2022  |  15:20 WIB
Perempuan sedang hamil
Perempuan sedang hamil

Bisnis.com, SOLO - Jika kondisi kesehatannya baik, pada dasarnya tak ada larangan bagi ibu hamil untuk berpuasa, bahkan ada sejumlah manfaat tersendiri dari berpuasa untuk para bumil.

Dilansir dari SehatQ, Rabu (5/4/2022), adapun manfaat tersebut antara lain mempercepat metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, puasa yang dilakukan saat trimester kedua dapat menekan risiko diabetes gestasional, seperti yang dipaparkan oleh dr. Kresno Condro Adhi, SpOG.

“Saat ibu hamil berpuasa, dia akan mencegah kemungkinan terjadinya DM gestasional [atau] kondisi diabetes pada saat hamil," kata dr. Kresno, dikutip dari Solopos.com.

Selain itu, ia menambahkan, berpuasa juga bisa menurunkan kemungkinan naiknya berat badan berlebih.

Meski begitu, dr. Kresno menekankan agar ibu hamil yang berpuasa tidak memaksakan diri untuk melakukan aktivitas fisik yang berat.

“Aktivitas fisiknya jangan dipaksakan. Kalau hamil, berpuasa, kemudian masih harus bekerja berlebih, naik turun tangga, ya biasanya banyak yang tidak kuat,” katanya.

Sementara itu, ia menyarankan agar para ibu hamil memperbanyak konsumsi karbohidrat kompleks serta protein saat sahur dan berbuka puasa.

Tak ketinggalan, ia juga mengingat agar ibu hamil melakukan olahraga ringan guna melenturkan otot dasar panggul, agar saat persalinan lebih elastis sehingga proses kelahiran bayi pun lebih mudah.

“Olahraga dengan gerakan yang santai saja. Misalnya renang, itu salah satu olahraga yang aman untuk ibu hamil,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan ibu hamil
Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top