Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Health

4 Rahasia Puasa Ramadan yang Lebih Sehat

Nabila Dina Ayufajari
Selasa, 12 April 2022 - 11:03
Bagikan

Hindari gorengan, makanan asin dan minum air putih yang banyak

3. Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula

Bukan hal yang aneh bagi orang yang berpuasa untuk menghadiahi diri sendiri dengan hidangan yang banyak, berminyak, gorengan, dan manis saat berbuka puasa. Sementara makanan ini membuat Anda merasa baik dalam jangka pendek, mereka bisa membuat puasa keesokan harinya lebih sulit.

Selain kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengonsumsi makanan berlemak dan manis juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda juga harus membatasi asupan garam, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, coba memasukkan hidangan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, nasi dan alternatifnya, serta daging dan alternatifnya. Mengonsumsi makanan kaya serat selama Ramadan juga ideal karena dicerna lebih lambat daripada makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. 

4. Minum air putih sebanyak mungkin

Minum air sebanyak mungkin antara Iftar (buka puasa) dan Sahur (makan sebelum fajar) mengurangi risiko dehidrasi selama puasa.

Berusaha untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam. Cairan termasuk jus, susu, minuman, dan sup tetapi air putih adalah pilihan terbaik. Idealnya, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein, seperti kopi, teh dan cola karena ini memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro