Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Rahasia Puasa Ramadan yang Lebih Sehat

Iftar harus menjadi makanan yang seimbang, bergizi, dan bukan ajang berlebihan. Simak cara berpuasa sehat di bulan Ramadan.
1

Hindari gorengan, makanan asin dan minum air putih yang banyak

Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh - Freepik
Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh - Freepik
Bagikan

3. Hindari makan gorengan, makanan asin, dan makanan tinggi gula

Bukan hal yang aneh bagi orang yang berpuasa untuk menghadiahi diri sendiri dengan hidangan yang banyak, berminyak, gorengan, dan manis saat berbuka puasa. Sementara makanan ini membuat Anda merasa baik dalam jangka pendek, mereka bisa membuat puasa keesokan harinya lebih sulit.

Selain kenaikan berat badan yang tidak sehat, mengonsumsi makanan berlemak dan manis juga menyebabkan kelesuan dan kelelahan. Selain itu, Anda juga harus membatasi asupan garam, terutama saat sahur, karena dapat meningkatkan rasa haus.

Sebagai gantinya, coba memasukkan hidangan dari semua kelompok makanan utama termasuk buah dan sayuran, nasi dan alternatifnya, serta daging dan alternatifnya. Mengonsumsi makanan kaya serat selama Ramadan juga ideal karena dicerna lebih lambat daripada makanan olahan sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. 

4. Minum air putih sebanyak mungkin

Minum air sebanyak mungkin antara Iftar (buka puasa) dan Sahur (makan sebelum fajar) mengurangi risiko dehidrasi selama puasa.

Berusaha untuk minum setidaknya 8 gelas cairan setiap hari sebelum fajar dan setelah matahari terbenam. Cairan termasuk jus, susu, minuman, dan sup tetapi air putih adalah pilihan terbaik. Idealnya, Anda juga harus mengurangi minuman berkafein, seperti kopi, teh dan cola karena ini memiliki efek diuretik dan meningkatkan kehilangan cairan.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Puasa Ramadan air putih
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top