Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dampak Vitamin K2 pada Stres Oksidatif dan Produksi ATP

Potensi Vitamin K2 sebagai MK-7 untuk penuaan yang sehat, karena stres oksidatif terlibat dalam beberapa kondisi terkait usia, seperti peningkatan risiko kardiovaskular, kondisi ginjal kronis, dan gangguan neurodegeneratif.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 12 April 2022  |  12:48 WIB
Dampak Vitamin K2 pada Stres Oksidatif dan Produksi ATP
Vitamin K

Bisnis.com, JAKARTA—Baru-baru ini terdapat poster yang menunjukkan bahwa MenaQ7 Vitamin K2 sebagai MK-7 dapat melawan stres oksidatif dalam sel otot polos vaskular (SMC) serta meningkatkan produksi adenosin trifosfat (ATP).

Poster "Peran Non-kanonik MK-7 dalam Sel Otot Halus Vaskular," ini d dipresentasikan pada 25 Maret 2022 di Konferensi Elektronik Internasional tentang Nutrisi (IECN) ke-2. Dipresentasikan oleh mahasiswa PhD Asim Cengiz Akbulut, Departemen Biokimia, CARIM, Universitas Maastricht, dilansir dari Nutritional Outlook.

Kalsifikasi vaskular yang digerakkan oleh SMC diatur oleh protein Gla matriks yang bergantung pada vitamin K (MGP). Para peneliti berhipotesis bahwa mengingat kemampuan vitamin K untuk meningkatkan energi ke bakteri, mengais radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif, vitamin K dapat memiliki fungsi non-kanonik untuk mengurangi kalsifikasi vaskular.

Dalam studi tersebut, para peneliti memperkenalkan warfarin, antagonis vitamin K, ke SMC yang dikultur, mengganggu metabolisme vitamin K, sehingga meningkatkan stres oksidatif intraseluler. Pengenalan MK-7 menetralkan stres oksidatif ini, bahkan meningkatkan produksi ATP. Jalur ini menunjukkan peran non-kanonik MK-7 dalam pencegahan kalsifikasi vaskular, tidak terkait dengan peran kanoniknya sebagai kofaktor untuk modifikasi pasca-translasi MGP.

Potensi Vitamin K2 sebagai MK-7 untuk penuaan yang sehat, karena stres oksidatif terlibat dalam beberapa kondisi terkait usia, seperti peningkatan risiko kardiovaskular, kondisi ginjal kronis, dan gangguan neurodegeneratif.

Ini memberikan kontribusi yang baik untuk badan penelitian, menunjukkan MenaQ7 adalah nutrisi pelindung jantung dan menegaskan kembali mengapa komunitas medis tertarik pada studi berkelanjutan tentang nutrisi penting ini untuk perbaikan kesehatan global.

Lebih lanjut, bukti yang menunjukkan MenaQ7 meningkatkan produksi ATP bersinar menyoroti K2 sebagai MK-7 sebagai nutrisi yang berpotensi penting untuk nutrisi olahraga, memvalidasi manfaat dan aplikasi kesehatan tambahan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

suplemen kesehatan vitamin stres
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top