Ilustrasi cara menabung DP rumah/Freepik
Relationship

8 Aturan dalam Menabung, Meminjam dan Mengeluarkan Uang

Jessica Gabriela Soehandoko
Selasa, 12 April 2022 - 13:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tentunya beberapa rekomendasi dalam mengatur keuangan Anda yang terbaik perlu disesuaikan dengan situasi Anda dan tergantung pada sidat personal Anda.

Meskipun demikian, beberapa aturan praktis dapat mengatasi kebingungan yang sering terjadi di seputar keputusan uang dan membantu Anda membangun fondasi keuangan yang kokoh.

Lantas, terdapat beberapa aturan dalam menyimpan, meminjam, membelanjakan dan kemudian dalam melindungi uang Anda yang dilansir dari Nerd Wallet.

Anda dapat mencoba untuk menyesuaikan atau mengikutinya, melalui delapan paduan yang telah dirangkum oleh Bisnis.

Aturan dalam Menabung, Meminjam dan Mengeluarkan Uang

1. Prioritaskan menabung untuk masa pensiun

Di dunia yang ideal, Anda akan mulai menabung dengan gaji pertama Anda dan terus melakukannya sampai Anda siap untuk pensiun.

Seperti yang direkomendasikan oleh Fidelity dan perusahaan jasa keuangan lainnya, apa pun yang Anda sisihkan dapat membantu memberi Anda masa depan yang lebih nyaman.

2. Simpan untuk di ‘hari hujan’

Anda mungkin pernah membaca bahwa Anda memerlukan dana darurat yang setara dengan pengeluaran tiga sampai enam bulan. Tentunya ini akan memakan waktu bertahun-tahun.

Untuk itu, Anda dapat mencoba untuk mencari sumber uang darurat lainnya seperti ruang pada kartu kredit Anda dan lain-lainnya.

3. Siapkan dana untuk kuliah

Jika Anda memiliki anak, hal ini perlu Anda perhatikan. Tabungan pensiun memang didahulukan, namun apa yang Anda tabung juga perlu digunakan untuk Anda.

Selain itu, penelitian menunjukkan tindakan sederhana menabung untuk kuliah meningkatkan kemungkinan seorang anak dari keluarga berpenghasilan rendah hingga sedang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

5. Gunakan kartu kredit sebagai kemudahan

Kartu kredit menawarkan kemudahan dan dapat melindungi Anda dari penipuan dan perselisihan dengan merchant. Namun bunga kartu kredit cenderung tinggi, jadi jika bisa Anda dapat mencoba untuk menghindarinya.

6. Cerdas dalam mengeluarkan uang untuk rumah

Jika Anda ingin menjadi pemilik rumah, waktu terbaik untuk membeli rumah pertama Anda adalah saat Anda siap secara finansial dan dapat bertahan selama beberapa tahun.

7. Beli kendaraan bekas dan kendarai selama bertahun-tahun

Secara umum, membeli mobil bekas dapat menghemat banyak uang dan Anda dapat menggunakannya selama bertahun-tahun. Jika Anda perlu meminjam, usahakan untuk membatasi jangka waktu pinjaman Anda maksimal lima tahun.

8. Asuransikan untuk biaya bencana

Gunakan asuransi untuk melindungi diri Anda dari biaya bencana. Perlu dicatat, berhati-hatilah dengan polis asuransi kesehatan yang dapat dikurangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro