Ilustrasi umat muslim menjalankan ibadah puasa/Freepik
Health

7 Manfaat Ibadah Puasa Ramadan untuk Kesehatan Tubuh

Anshary Madya Sukma
Rabu, 13 April 2022 - 19:16
Bagikan

Manfaat puasa yang tidak Anda ketahui

5. Mengurangi Nafsu Makan

Salah satu masalah utama dengan diet ekstrim adalah bahwa setiap penurunan berat badan sering kali dengan cepat dikembalikan kepada kebiasaan tidak menjaga makan. Namun, tidak demikian dengan berpuasa di bulan Ramadhan.

Pengurangan makanan yang dikonsumsi selama puasa menyebabkan perut secara bertahap menyusut, yang berarti Anda perlu makan lebih sedikit untuk merasa kenyang. Jika Anda ingin membiasakan makan sehat maka Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai.

6. Detoksifikasi Tubuh

Selain bagus untuk membersihkan diri secara spiritual, Ramadhan bertindak sebagai detoksifikasi yang sangat baik untuk tubuh. Dengan tidak makan atau minum sepanjang hari, tubuh akan diberikan kesempatan untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan sepanjang bulan.

Ketika tubuh mulai memakan cadangan lemak untuk menghasilkan energi, itu juga akan membakar racun berbahaya yang mungkin ada dalam timbunan lemak. Pembersihan tubuh ini akan sempurna untuk gaya hidup sehat yang konsisten.

7. Menyerap Lebih Banyak Nutrisi

Dengan tidak makan sepanjang hari selama Ramadhan, Anda akan menemukan bahwa metabolism tubuh menjadi lebih efisien, yang berarti jumlah nutrisi yang diserap dari makanan akan meningkat.

Hal itu terjadi karena peningkatan hormon yang disebut adiponectin yang akan memungkinkan otot menyerap lebih banyak nutrisi. Metode ini akan menghasilkan banyak manfaat kesehatan di seluruh tubuh, karena berbagai area dapat menyerap dan memanfaatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro