Rawon
Kuliner

Rekomendasi Kuliner Jalur Mudik Via Pantura Pulau Jawa

Robby Fathan
Senin, 25 April 2022 - 20:09
Bagikan

Dari Wedang Ronde hingga Rawon Kalkulator

8. Wedang Ronde (Salatiga)

Ronde Sekoteng Sendiri konon memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan lambung dan daya tahan tubuh karena kuahnya yang terbuat dari air jahe. Selain itu sajian hangat dari ronde sekoteng juga sangat pas dinikmati terutama menjelang malang di salatiga.

9. Nasi Pecel Lethok (Ngawi)

Menu Pecel dengan tambahan lethok ini memberikan kekhasan kota bambu yang memang salah satu daerah yang terkenal dengan bumbu kacang ini.

Disajikan khas dengan pincuk daun jati membuat makanan ini lebih istimewa, selain rasanya yang maknyus, dengan menjaga budaya menggunakan daun sebagai bentuk penyajiannya, membuat menu ini menjadi kuliner terfavorit khas Ngawi.

10.  Rawon Kalkulator (Surabaya)

Daging untuk rawon pada umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur warna gelap khas rawon berasal dari kluwek.

11. Nasi Punel (Pasuruan)

Nasi Punel adalah makanan khas dari kota Bangil, Pasuruan. Nasi ini bertekstur lembut dan agak menggumpal. Umumnya makanan ini disajikan di atas piring yang bealaskan daun pisang.

12. Bakso Malang ( Malang)

Bakso merupakan makanan favorit banyak orang. Namun bakso malang beda dengan bakso pada umumnya. Yang menjadi pembeda adalah isi dari mangkuknya. Dalam mangkuk bakso malang tidak hanya berisi bakso yang dibuat dari daging sapi namun ada isi lainnya seperti pangsit.

13. Nasi Sodu (Situbondo)

Nasi sodu ini merupakan sepiring nasi dengan kuah gulai lawuh yang dicampur kacang panjang, terkadang diberi campuran wortel, buncis, intinya nasi sodu adalah kuah santan dengan lauk ikan tongkol yang dimasak bumbu merah dan tiadak lupa cengek alias sambal terasi toge.

14. Sego Cawuk (Banyuwangi)

Sego Cawuk terdiri dari nasi dengan campuran kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar dan dicampur dengan timun serta dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih dan sedikit asam sehingga rasanya pedas segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro