Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wajib Tahu! Ini Beragam Manfaat Vitamin B Kompleks bagi Tubuh

Manfaat Vitamin B Kompleks bagi kesehatan, di antaranya mencegah migrain, menunjang kesehatan otak, dan mengurangi gejala kecemasan.
Aliftya Amarilisya
Aliftya Amarilisya - Bisnis.com 27 April 2022  |  08:04 WIB
Ilustrasi vitamin - pexels.com
Ilustrasi vitamin - pexels.com
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Vitamin B kompleks adalah sekelompok nutrisi yang terdiri dari delapan jenis vitamin. Nah, lalu apa manfaat vitamin B kompleks bagi tubuh ini?

Dikutip dari Healthline, vitamin B kompleks bermanfaat untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Tak hanya itu, melansir laman WebMD dan Medical News Today, ia juga dapat menjaga kesehatan otak dan mempercepat penyembuhan luka.

Oleh sebab itu, vitamin B kompleks ini sangat penting untuk dipenuhi oleh tubuh, terutamanya pada mereka yang memiliki gangguan genetika tertentu, lansia, ibu hamil dan menyusui, pasien yang tengah menjalani pengobatan khusus, serta vegetarian dan vegan.

Namun begitu, vitamin ini juga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Alih-alih menyehatkan, dosis yang terlalu banyak dapat membahayakan tubuh, seperti memicu gangguan saraf dan penyakit liver.

Nah, untuk lebih lengkapnya, berikut sejumlah manfaat vitamin B kompleks berdasarkan jenisnya.

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga sistem saraf dan kinerja metabolisme. Vitamin B1 membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi sumber energi. Selain itu, ia juga mendorong produksi senyawa kimiawi dalam otak (neurotransmitter), pembuatan asam lemak, dan mensintesis beberapa hormon.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B1: nasi merah, gandum utuh, pisang, kerang, dan kacang kedelai.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Selain membantu proses pencernaan karbohidrat, protein, dan lemak, vitamin B2 berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, mata, dan sistem saraf. Keberadaannya juga mendorong produksi dan pertumbuhan sel darah merah, serta mengubah vitamin B6 menjadi koenzim yang diperlukan tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B2: jeroan dan daging sapi, oatmeal, yogurt, susu, jamur, serta kacang almond.

3. Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin yang terbagi menjadi dua jenis, yakni nikotinat dan nikotinamida ini baik untuk menjaga fungsi sistem saraf, pencernaan, dan kulit. Ia juga berperan penting dalam meningkatkan fungsi enzim, serta memproduksi dan menjaga hormon, seperti hormon kortisol.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B3: daging, ikan, dan kacang lentil.

4. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Asam pantotenat berfungsi memecah lemak dan karbohidrat menjadi energi. Ia juga bermanfaat untuk memproduksi sel darah merah dan koenzim. Selain itu, vitamin B5 dapat mengatasi kelelahan, mengurangi gejala alergi, serta meningkatkan fungsi sistem saraf dan metabolisme.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin B5: hati sapi, jamur shitake, daging ayam, ikan tuna, dan alpukat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan vitamin
Editor : Aliftya Amarilisya
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top