Flu burung
Health

Kasus Flu Burung H3N8 Pertama pada Manusia di China Menginfeksi Seorang Anak

Robby Fathan
Kamis, 28 April 2022 - 21:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - China telah mengkonfirmasi kasus flu burung H3N8 pertama yang diketahui manusia, tetapi otoritas kesehatan mengatakan ada risiko rendah penularan luas di antara manusia.

H3N8 diketahui telah beredar sejak 2002 setelah pertama kali muncul di unggas air Amerika Utara. Hal ini diketahui menginfeksi kuda, anjing dan anjing laut, tetapi sebelumnya belum pernah terdeteksi pada manusia.

Komisi Kesehatan Nasional China pada hari Selasa mengatakan seorang anak laki-laki berusia empat tahun yang tinggal di provinsi Henan tengah dinyatakan positif mengidap virus tersebut setelah dirawat di rumah sakit awal bulan ini dengan demam dan gejala lainnya.

Keluarga anak laki-laki itu memelihara ayam di rumah dan tinggal di daerah yang dihuni bebek liar, kata NHC dalam sebuah pernyataan.

Bocah itu terinfeksi langsung oleh burung dan strain itu tidak ditemukan memiliki "kemampuan untuk menginfeksi manusia secara efektif", kata komisi itu.

Ia menambahkan bahwa tes dari kontak dekat manusia dengan bocah itu tidak menemukan "tidak ada kelainan".

NHC mengatakan kasus bocah itu adalah "transmisi lintas spesies satu kali, dan risiko penularan skala besar rendah".

Ia memperingatkan masyarakat untuk tetap menjauh dari unggas yang mati atau sakit dan mencari pengobatan segera untuk gejala demam atau pernapasan.

Flu burung terjadi terutama pada unggas liar dan unggas. Kasus penularan antar manusia sangat jarang terjadi.

Jenis flu burung H5N1 dan H7N9, masing-masing terdeteksi pada tahun 1997 dan 2013, bertanggung jawab atas sebagian besar kasus penyakit manusia akibat flu burung, menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS.

Infeksi manusia dari zoonosis, atau influenza yang ditularkan melalui hewan, "terutama diperoleh melalui kontak langsung dengan hewan yang terinfeksi atau lingkungan yang terkontaminasi, tetapi tidak menghasilkan transmisi yang efisien dari virus ini di antara manusia", menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Pada 2012, H3N8 disalahkan atas kematian lebih dari 160 anjing laut di lepas pantai timur laut Amerika Serikat setelah menyebabkan pneumonia mematikan pada hewan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Robby Fathan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro