Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fakta Tri Suaka dan Zinidin Zidan Digugat Rp1 Miliar per Lagu yang Dicover

Penyanyi cover Tri Suaka dan Zinidin Zidan dituntut perihal hak cipta sebesar Rp1 miliar per lagu yang dinyanyikan.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 28 April 2022  |  16:29 WIB
Penyanyi Tri Suaka  - Instagram@xdjtrisuaka
Penyanyi Tri Suaka - [email protected]

Bisnis.com, SOLO - Buntut video olok-olok Andika Kangen Band membuat penyanyi cover Tri Suaka dan Zinidin Zidan mendapat masalah baru.

Keduanya dituding melakukan penyalahgunaan hak cipta lagu hingga mendapat tuntutan dari Forum Komunikasi Artis Minangkabau Indonesia (Forkami).

Forkami melayangkan somasi sebanyak dua kali kepada kedua musisi tersebut untuk membayar royalti sebesar Rp1 miliar per lagu.

Namun denda tersebut disebut bertambah lantaran Tri Suaka dan Zinidin Zidan membawakan lebih dari 10 lagu.

Lagu yang dipermasalahkan tersebut merupakan milik Erwin Agam yang keberatan karya berjudul Emas Hantaran dan Luka Sekarat Rasa di-cover tanpa izin.

Minta maaf

Diketahui sebelumnya, Tri Suaka dan Zinidin Zidan menyampaikan permohonan maaf seusai video mereka memparodikan gaya bernyanyi Andika Kangen Band viral di media sosial.

Dalam video yang diunggahnya di akun Instagramnya @xdjtrisuaka, dia menyampaikan permohonan maaf kepada Andika Kangen Band jika konten parodinya menyinggung sang vokalis.

"Saya Tri Suaka, dengan adanya video ini saya ingin minta maaf dengan Bang Andika Kangen Band, dan Kangen Band khususnya dan juga buat Bang Rizal Armada dengan adanya video Tri memparodikan gaya bernyanyi. Semoga dengan adanya video ini, abang-abang maafkan kesalahan Tri," ujar Tri, Sabtu (23/4/2022).

Tri mengaku tidak menyangka bahwa tindakannya itu akan menyakiti perasaan orang lain. Dia menyebut konten parodinya itu tidak bermaksud untuk menyindir atau mengejek orang lain.

"Mungkin tri waktu itu tidak tahu kalau itu bisa menyindir perasaan, tapi Tri Insyaallah tidak keinginan mengejek atau berniat buruk di konten itu, karena itu yang rekam orang," ujarnya.

Dalam video permohonan maafnya, dia juga mengaku menghormati karya-karya Andika Kangen Band dan Rizal Armada. Tri berharap agar para fans kedua band tersebut bisa memaafkannya.

"Tri respect dan hormat dengan karya-karyanya abang, semoga dengan video ini abang memaafkan kesalahan tri. Dan juga buat semua fans kangen band, siapapun yang melihat video ini maafkan kesalahan saya dan ini akan jadi pelajaran untuk saya pribadi," ucap Tri.

Permohonan maaf juga disampaikan Zinidin Zidan melalui akun Instagramnya @zinidinzidan_real. Dia menyatakan tidak ada niatan dari dirinya maupun Tri Suaka untuk menjelek-jelekkan Andika Kangen Band maupun Rizal Armada.

"Saya Zinidin Zidan dengan adanya video ini saya menyatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya buat bang andika kangen band dan buat bang rizal armada atas video saya dan Tri Suaka memparodikan cara abang bernyanyi. Jujur dari dalam hati kami, tidak ada niatan menjelek-jelekan abang-abang semua," ujar Zidan.

Dia juga berharap agar fans-fans Kangen Ban dan Armada untuk bisa menerima permohonan maafnya. Dia menyatakan bahwa kejadian ini akan menjadi pembelajaran bagi dirinya.

"Buat semua fans-fans Kangen Band dan Armada, saya mohon maaf dari lubuk hati paling dalam jika saya melakukan hal yang tidak pantas dan semoga ini bisa jadi pembelajaran buat Zidan. Sekali lagi saya mohon maaf sebesar-besarnya semoga abang-abang semua menerima permohonan maaf saya," ucapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

artis hak cipta lagu kangen band musisi
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top