Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Cara Menurunkan Berat Badan Menjadi Ideal

Berat badan ideal dapat dihitung dengan menggunakan rumus BMI (body mass index). Simak cara menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 29 April 2022  |  15:23 WIB
Ilustrasi perempuan makan kudapan dan alkohol saat tengah malam membuat sulit menurunkan berat badan -  Freepik
Ilustrasi perempuan makan kudapan dan alkohol saat tengah malam membuat sulit menurunkan berat badan - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Terdapat seribu alasan yang mengharuskan Anda untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat. Salah satunya, untuk menjaga berat badan tubuh dan juga terhindar dari penyakit.

Tak hanya mendukung penampilan, memiliki berat badan ideal juga membantu Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Mulai dari penyakit metabolik hingga penyakit serius seperti diabetes tipe 2, hipertensi, serangan jantung, bahkan stroke.

Berat badan ideal dapat dihitung dengan menggunakan rumus BMI (body mass index) dengan rumus: berat badan (kilogram) dibagi tinggi badan (meter) yang dikuadratkan. Apabila indeks berat badan berada diantara 18,5-23 makan berat badan dinyatakan normal.

Menjaga berat badan tidaklah sulit, kuncinya adalah menjaga kontinuitas untuk memiliki pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan dan menghindari makanan yang tinggi kalori.

Simak 10 kebiasaan hidup sehat untuk menurunkan berat badan:

1. Perhatikan Berat Badan

Melacak berat badan Anda setiap hari atau setiap minggu akan memacu Anda untuk terus menerapkan pola hidup sehat. Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, Anda dapat menghitung berat badan ideal dengan menggunakan rumus BMI (Body Mass Index).

BMI= Berat Badan(kg)/ Tinggi Badan (Meter) yang dikuadratkan. Sebagai contoh perhatikan ilustrasi berikut.

Berat badan Danu 68 kg dan tinggi badannya adalah 1,8 meter (175cm)

BMI= 68/(1,75 x 1,75)= 22,2 (Normal).

2. Batasi Konsumsi Makanan Tidak Sehat 

Sarapan pagi adalah kunci untuk memulai hari. Pilihlah makanan bergizi yang mengandung banyak protein dan serat serta lebih sedikit lemak, gula, dan kalori.

3. Konsumsi Suplemen Multivitamin

Untuk memastikan Anda memiliki tingkat nutrisi yang cukup, konsumsi suplemen multivitamin setiap hari dapat berdampak baik untuk tubuh Anda, terutama bila Anda tidak sempat mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan di rumah. 

Menjaga kecukupan mikronutrien seperti vitamin A, B6, B12, C, D, E, Zinc dan magnesium dapat membantu menjaga kekebalan tubuh Anda. Meskipun baik untuk tubuh, Anda tetap harus memperhatikan dosis pemakaian vitamin. Dalam beberapa kasus, konsumsi vitamin dengan dosis tinggi dapat memperburuk kesehatan Anda.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Hindari Minuman Manis

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air putih adalah cara yang paling tepat untuk dilakukan. Pasalnya, air putih memiliki segudang manfaat untuk tubuh.

Mengutip dari Healthline, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, mengkonsumsi air putih secara teratur dan cukup sembari aktif berolahraga dapat membantu menurunkan berat badan.

5. Berolahraga Secara Teratur

Rutin berolahraga dapat berdampak baik pada tubuh Anda. Aktif berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membangun massa otot, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan dan menghindarkan Anda dari ancaman berbagai penyakit.

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gemuk tips sehat diet berat badan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top