Ilustrasi nyeri tulang belakang./Istimewa
Health

Waspada! Tanda-Tanda Nyeri Tubuh Bisa Mengindikasikan Kanker

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 12 Mei 2022 - 21:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kanker adalah penyakit kronis yang dapat diobati jika terdeteksi dini. Banyak kasus kanker yang terdeteksi ketika sudah dalam stadium lanjut, sehingga menyulitkan para dokter dan profesional medis untuk mengobatinya.

Nyeri tubuh dapat mengindikasikan kanker. Itu bukan gejala awal, tetapi sinyal bahwa kanker telah menyebar ke bagian lain dari tubuh termasuk saraf dan organ.

Rasa sakit yang dirasakan atau dialami bergantung pada beberapa faktor termasuk jenis kanker yang diderita, tingkat stadium, dan areanya. Nyeri kanker dapat disebabkan oleh berbagai alasan. Sebagian besar nyeri kanker disebabkan ketika tumor menekan tulang, saraf, atau organ lain dalam tubuh.

Di lain waktu, nyeri kanker dapat dipicu oleh pengobatan lanjutan yang diterima seseorang untuk penyakit tersebut. Misalnya, obat kemoterapi tertentu dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki.

Demikian pula, radioterapi dapat menyebabkan kerusakan tertentu pada kulit, yang menyebabkan iritasi dan kemerahan pada kulit. Melansir dari Times of India pada Kamis (12/5/2022), berikut adalah penjelasan lengkap mengenai jenis hingga gejala kanker yang tidak boleh diabaikan.

Jenis Nyeri Kanker
• Somatik: Nyeri somatik adalah jenis nyeri yang paling umum dialami oleh pasien kanker. Hal ini ditandai dengan rasa sakit yang sakit, berdenyut, atau kram yang terlokalisir intermiten dan konstan.
• Neuropatik: Nyeri neuropatik adalah jenis lain dari nyeri kanker yang disebabkan oleh kerusakan saraf baik dari kanker atau karena perawatan seperti kemoterapi, radioterapi, dan/atau pembedahan. Jenis rasa sakit ini diidentifikasi dengan sensasi terbakar atau kesemutan.
• Visceral: Nyeri visceral merupakan 28% dari nyeri terkait kanker. Jeroan mengacu pada organ internal di dalam rongga tubuh seperti dada, perut, atau panggul. Setiap rasa sakit di daerah tersebut disebut nyeri visceral. Ketika tumor menekan satu atau lebih dari organ-organ ini, itu dapat menyebabkan rasa sakit yang berdenyut.
• Nyeri akut dan kronis: Nyeri akut biasanya disebabkan oleh aktivitas yang dapat diidentifikasi seperti cedera dan biasanya bersifat jangka pendek, yang berarti dapat datang dan pergi dari waktu ke waktu. Di sisi lain, nyeri kronis dapat bertahan selama berbulan-bulan.

“Nyeri bisa terjadi jika kanker tumbuh ke dalam atau menghancurkan jaringan di dekatnya. Saat tumor tumbuh, ia dapat menekan saraf, tulang, atau organ. Tumor juga dapat melepaskan bahan kimia yang dapat menyebabkan rasa sakit,” jelas Mayo Clinic.

Faktor-Faktor yang Membantu Dokter Memahami Rasa Sakit
Sangat penting bagi Anda untuk menghubungi dokter jika memiliki rasa sakit yang tajam dan terus-menerus, rasa sakit yang berulang, dan mengganggu rutinitas harian Anda. Untuk membantu penyedia layanan kesehatan memahami rasa sakit dan mendiagnosis kondisi Anda, ini yang perlu dipersiapkan. Beritahu mereka mengenai hal-hal berikut ini.

- Tingkat keparahan rasa sakit Anda
- Lokasi nyeri
- Apa jenis rasa sakit yang Anda miliki?
- Apakah ada sesuatu yang meningkatkan rasa sakit?
- Apa yang membuat nyeri lebih buruk atau lebih baik?
- Tindakan pereda nyeri yang telah Anda lakukan dan apa yang telah membantu?

Gejala Kanker yang Tidak Boleh Diabaikan

Berikut adalah beberapa gejala kanker yang tidak boleh Anda abaikan.

- Kelelahan ekstrim
- Pendarahan dan memar yang tidak dapat dijelaskan
- Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan
- Munculnya benjolan secara tiba-tiba
- Perubahan kulit.

Datangi fasilitas kesehatan dan temui dokter di sana untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro