Ilustrasi orang-orang yang memakai masker berjalan di dekat Arc de Triomphe di Paris, Prancis, pada 23 Desember 2021./Antara
Health

Catat! Golongan Masyarakat Ini Wajib Pakai Masker 

Nabila Dina Ayufajari
Rabu, 18 Mei 2022 - 16:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah telah membebaskan kewajiban memakai masker bagi masyarakat di ruang terbuka pada Selasa (17/5/2022). Namun, ada beberapa golongan masyarakat yang wajib memakai masker. 

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa ada beberapa pengecualian yang mengharuskan seseorang untuk memakai masker, yaitu ketika berkegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik.

Adapun, golongan yang wajib memakai masker antara lain kelompok lansia dan rentan, seperti memiliki penyakit komorbid, ibu hamil, dan anak yang belum divaksin. Selain itu, orang yang memiliki gejala, seperti batuk, pilek, dan demam juga harus tetap memakai masker.

“Kelompok tersebut masih diwajibkan memakai masker untuk melindungi diri dari penularan Covid-19. Kemudian, untuk yang bergejala batuk-batuk, bersin-bersin sebaiknya tetap menggunakan masker,” jelas Menkes Budi dalam keterangan resmi, Rabu (18/5/2022).

Pelonggaran dilakukan dengan mempertimbangkan perkembangan situasi Covid-19 di Indonesia. Pantauan menunjukkan kasus Covid-19 semakin melandai dan terkendali. Ini merupakan langkah awal untuk Tanah Air memulai transisi dari pandemi ke endemi.

​​“Belajar dari sejarah pandemi yang pernah terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga. Dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap,” ungkap Menkes Budi.

Pemerintah juga melonggarkan aturan perjalanan dalam dan luar negeri. Bagi pelaku perjalanan yang sudah divaksin lengkap tidak perlu melakukan pemeriksaan PCR atau antigen.

“Inilah dua keputusan penting yang merupakan langkah awal untuk transisi dari pandemi menjadi endemi,” kata Menkes Budi.

Pada masa transisi, penyesuaian kebijakan dilakukan secara menyeluruh dan bertahap. Hal ini dilakukan agar semua pihak dapat memahami sepenuhnya kondisi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro