Teh chamomile bermanfaat bagi kesehatan/Healthline
Health

6 Jenis Makanan dan Minuman yang Ampuh Kurangi Stres dan Depresi

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 30 Mei 2022 - 21:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat stres dalam hidup meningkat, biasanya orang akan melepasnya dengan cara menghabiskan waktu untuk menikmati hobi atau bertemu teman atau keluarga. Namun, ternyata ada beberapa makanan yang dapat membantu untuk mengurangi stres dan tingkat keparahan akibat depresi.

Melansir dari Pink Villa pada Senin (30/5/2022), ada 6 makanan yang disarankan oleh Dr. Archana Batra, ahli gizi Diet, Fisioterapis untuk mengurangi stres dengan menurunkan kadar kortisol sambil menambahkan nutrisi ke tubuh Anda.

6 Makanan untuk Mengurangi Stres dan Depresi

1. Teh Chamomile

Ada bukti yang menyatakan manfaat obat dari chamomile, seperti penurunan stres yang terlihat dan peningkatan tidur nyenyak pada tubuh. Secangkir teh chamomile hangat memberikan efek menenangkan yang melemaskan saraf dan melepaskan simpul stres di tubuh Anda.

Teh chamomile telah menunjukkan efek relaksasi pada kram dan nyeri haid, serta mengobati beberapa masalah pencernaan seperti mual dan kembung. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu Anda dengan sakit perut dan diare.

2. Peterseli

Peterseli diperkaya dengan antioksidan dan vitamin K yang membantu pembekuan darah ketika ada memar atau luka pada kulit, dan juga berkontribusi pada kepadatan tulang. Peterseli juga kaya akan vitamin C yang mengurangi stres oksidatif dan mengurangi gangguan kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan. Antioksidan mengurangi risiko penyakit kronis, seperti beberapa jenis kanker dan mengendurkan otot.

Daun peterseli dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam makanan dengan menambahkannya ke salad dan sup. Anda juga dapat menikmati secangkir teh peterseli hangat.

3. Bluberi

Buah beri kaya akan antioksidan flavonoid dan fitonutrien yang membantu mengurangi stres dan kecemasan. Antioksidan yang ada dalam bluberi dapat melawan kolesterol ekstra yang akhirnya teroksidasi dalam tubuh. Kontrol kadar kolesterol memastikan bahwa Anda tidak rentan terhadap penyakit jantung.

Bluberi juga membantu menjaga tingkat tekanan darah dan melindungi kesehatan jantung. Ini membantu meningkatkan produksi oksida nitrat yang mengurangi tekanan di pembuluh darah dan melemaskan otot sehingga juga mengurangi risiko diabetes.

4. Omega 3

Omega-3 adalah nutrisi penting dalam mencegah dan mengelola banyak penyakit jantung. Ini juga menurunkan tekanan darah, peradangan, dan detak jantung yang tidak normal. Omega-3 juga telah ditemukan efektif dalam mengurangi efek depresi dan stres pada manusia.

Cara paling efisien untuk mengonsumsi omega-3 adalah melalui ikan berlemak, tetapi jika Anda seorang vegan atau vegetarian, ada banyak suplemen lain yang dapat dipilih, seperti alpukat, biji rami, biji chia, minyak zaitun, kenari, dan kedelai.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar dikemas dengan vitamin B, C, kalsium, zat besi, dan magnesium. Ini membuat sistem pencernaan yang sehat dan membangun kekebalan untuk melawan berbagai penyakit. Ubi jalar juga bermanfaat untuk mata Anda. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat yang baik dalam tubuh.

Jadi, ketika merasa ingin makan saat stres atau mengonsumsi karbohidrat dan permen, maka Anda dapat memilih ubi jalar. Ubi jalar adalah cara yang sehat untuk mengisi perut Anda dan serat yang ada di dalamnya memastikan pemecahan pati yang ada di dalamnya secara perlahan dan stabil sehingga Anda merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama dan tidak berakhir mengemil atau mengunyah makanan olahan.

6. Coklat Hitam

Jika Anda menyukai makanan manis atau tiba-tiba sangat menginginkan sesuatu yang manis, jadikan cokelat hitam sebagai pilihan. Banyak orang mengalami dorongan untuk makan ketika stres dan akhirnya mengonsumsi permen atau keripik yang menambah kalori ke tubuh.

Cokelat hitam terkenal dengan karakteristik antioksidan dan pengurangan stres. Menggabungkan sebagian kecil cokelat hitam di hari Anda sekitar 50-60 gram, dapat sangat membantu mengatasi kecemasan, meningkatkan memori, dan meningkatkan aliran darah di pembuluh darah untuk membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro