Brokoli bisa menurunkan kadar kolesterol
Health

Ini 5 Sayuran yang Menurunkan Kolesterol Secara Alami

Anshary Madya Sukma
Jumat, 3 Juni 2022 - 15:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kolesterol yang berlebih dapat berbahaya bagi tubuh dan akan menyebabkan masalah yang lebih kompleks jika dibiarkan. Di sisi lain, tubuh seseorang juga membutuhkan kolesterol, kedua sisi ini dapat ditengahi dengan makanan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol.

Dilansir Eatthis pada Jumat (3/6/2022), menurut ahli diet, Trista Best yang terdaftar di Suplemen Balance One mengatakan bahwa yang mempengaruhi kadar kolesterol adalah genetika seseorang, gaya hidup hingga pola makan.

Trista menambahkan bahwa genetika lah yang memiliki peran penting bagi tubuh untuk memproses kolesterol, maka dari itu sebaiknya untuk menghindari bahaya kolesterol yaitu dimulai dengan memakan sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

Ini 5 makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol menurut ahli diet:

1. Bayam

Bayam merupakan sayuran yang penuh dengan serat, vitamin, mineral, dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda, peran penting yang dapat menurunkan kolesterol adalah kandung serat.

Menurut penjelasan Trista, serat ini dapat menurunkan kolesterol jahat yang beredar ke seluruh tubuh. Hal ini terjadi karena serat dan kolesterol akan saling menempel, sehingga kolesterol dapat dikeluarkan dari tubuh secara alami dan sekaligus menurunkan kolesterol.

2. Asparagus

Menurut ahli diet yang terdaftar di The Consumer Mag, Janet Coleman mengatakan bahwa asparagus adalah sayuran yang penuh dengan nutrisi bermanfaat, hal itu lantaran asparagus ini mengandung vitamin, mineral, serat dan nutrisi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan. 

Asparagus juga kaya akan folat, sehingga asparagus dapat membantu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh dan juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan sirkulasi, dalam pengolahannya Anda dapat melakukannya hanya dengan dipanggang saja.

3. Brokoli

Brokoli bisa dikatakan sebagai sayuran serbaguna karena selain rasanya yang enak, brokoli juga kaya akan nutrisi yang menyehatkan jantung untuk membantu Anda mengelola kolesterol.

Dalam kandungannya, brokoli ini memiliki kadar serat dan vitamin C yang tinggi. Lalu, sayur ini juga mengandung beta-karoten, yang membantu mencegah oksidasi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah.

4. Kubis Brussel

Untuk Anda penggemar sayuran sudah tidak asing dengan sayuran kubis brussel, kubis ini dikatakan dapat membuat jantung Anda menjadi lebih sehat.

Dengan kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang membantu melindungi jantung dari berbagai macam penyakit, kubis ini juga merupakan vitamin C yang sangat baik karena dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah, dengan demikian kubis brussel ini dapat menurunkan tekanan darah.

5. Artichoke

Selain tiga sayuran di atas, Coleman juga menambahkan sayuran artichoke yang kaya akan vitamin dan mineral yang dapat membantu mengelola kolesterol.

Coleman mengatakan bahwa artichoke ini tinggi akan serat , magnesium, dan antioksidan seperti vitamin C. Sayuran ini juga mengandung vitamin K, yang dapat membantu Anda mencegah pembentukan gumpalan darah di dalam arteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro