Ilustrasi seseorang yang tidak bahagia dan mengalami stres/Freepik.com
Relationship

Ini Penyebab Stres dan 8 Cara Mengelolanya

Novita Sari Simamora
Senin, 13 Juni 2022 - 22:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Semua orang, mulai dari remaja hingga orang tua bisa mengalami stres. Kenali penyebab stres dan segera kelola stres menjadi energi positif.

Stres muncul saat Anda memiliki kekhawatiran terhadap pekerjaan, keluarga, pasangan, masalah keuangan dan lainnya. Stres menjadi cara tubuh untuk istirahat atau perhatian.

Tidak ada penyebab stres yang tepat, bisa karena fisik atau mental dan dapat memengaruhi tubuh dan pikiran Anda. Stres bisa menyebabkan kelelahan, sakit, tidak dapat berpikir jernih, gangguan mental dan serangan jantung! Sebelum mencapai tahap itu, maka penting untuk mengelolanya.

Simak beberapa cara untuk mengelola stres:

1. Rilekskan otot dan persendian Anda

Otot Anda tegang ketika Anda stres dan ini menyebabkan simpul. Kendurkan mereka dengan mengambil cuti dan pergi ke sesi spa. Dapatkan pijatan atau bahkan mungkin habiskan waktu dengan diri sendiri, sambil menikmati mandi air panas dan menyeruput anggur.

2. Makan dengan baik

Makanan sehat membantu mengontrol perubahan suasana hati. Camilan yang Anda sukai dapat membantu menghilangkan stres.

3. Latihan

Salah satu cara utama untuk merilekskan tubuh dan pikiran adalah dengan berolahraga. Sirkulasi darah membantu meningkatkan suasana hati Anda dan membuat Anda tetap sehat. Tetapi untuk mendapatkan hasil, Anda perlu sering berolahraga - setidaknya tiga kali seminggu selama satu jam untuk hasil terbaik.

4. Merenungkan

Luangkan waktu untuk bermeditasi. Cobalah latih pernapasan. Saat Anda sedang stres, maka yang perlu Anda lakukan adalah pergi ke tempat yang tenang, duduk, pejamkan mata dan bayangkan diri Anda berada di tempat yang santai-pantai, pegunungan, atau apa pun yang cocok untuk Anda. Kemudian tarik napas panjang dan dalam selama sekitar 10 menit dan Anda akan langsung merasa lebih tenang dan stres berkurang.

5. Luangkan waktu untuk hobi

Setiap hari, cobalah untuk menyisihkan waktu untuk hal-hal yang Anda sukai. Jika Anda tidak tahu apa yang Anda sukai, inilah saatnya untuk belajar! Cobalah keahlian Anda dalam memasak, membaca, menggambar atau bahkan menjahit dan merajut jika Anda bisa! Bahkan jika hanya untuk 20 menit, itu pasti akan membuat Anda rileks di penghujung hari yang penuh tekanan.

6. Bicara

Jika Anda stres, maka berbicara tentang apa yang mengganggu Anda, untuk dapat membantu mengurangi stres Anda karena biasanya membantu dalam mencari tahu apa yang menyebabkannya. Jika Anda merasa aneh untuk berbicara dengan diri sendiri, pergilah ke terapis - itu bukan hal yang tabu lagi!

7. Istirahat

Saat berada di bawah tekanan, salah satu cara terbaik untuk pulih adalah dengan beristirahat. Tidur yang cukup. Pikiran dan tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih dari peristiwa yang membuatnya stres.

8. Mendengarkan musik

Pasang headphone Anda, putar lagu favorit Anda dan besarkan volumenya! Musik bisa membebaskan Anda dari semua stres. Musik dikenal dapat menyembuhkan dan meningkatkan mood. Tidak perlu musik klasik yang tenang.

9. Bersihkan rumah Anda

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi ketika Anda stres, menata rumah atau ruang kerja Anda bisa membantu meredakan stres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro