Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahaya Sering Duduk! Ini 8 Tips Olahraga Saat Duduk

Duduk terlalu lama, akan menjadi kebiasaan yang menyebabkan tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 15 Juni 2022  |  19:05 WIB
Bahaya Sering Duduk! Ini 8 Tips Olahraga Saat Duduk
Terlalu lama duduk, bisa membuat punggung pegal - Medflicks

Bisnis.com, JAKARTA – Sebuah penyakit bisa datang dari mana saja, bahkan jika keseringan duduk bisa menyebabkan Anda terkena penyakit mematikan, oleh karena itu setidaknya Anda harus menggerakan tubuh atau berolahraga ketika keseringan duduk.

Dilansir Health.harvard.edu pada Rabu (15/6/2022), menurut ahli jantung dari Brigham dan Women’s Hospital, Hicham Skali menjelaskan bahwa semakin banyak Anda duduk, maka semakin banyak otot besar Anda yang tidak menggunakan glukosa, yang di mana glukosa ini merupakan sumber energi utama tubuh, yang artinya dengan duduk tanpa henti dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memicu pelepasan insulin dan hormon yang mengatur gula darah.

Hicham menambahkan risiko duduk terlalu lama, akan menjadi kebiasaan yang menyebabkan tubuh menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Resistensi insulin yang dihasilkan akan meningkatkan peradangan, dan akhirnya terdapat penumpukan plak lemak di dalam arteri.

Seperti yang kita tahu, penumpukan plak dalam arteri akan menyebabkan penyakit jantung mematikan, maka dari itu Anda setidaknya harus berolahraga saat ada waktu luang dalam pekerjaan.

Nah, simak olahraga yang dapat dilakukan sambil duduk, sebagai berikut :

1. Peregangan Lengan Atas

Olahraga ini dapat Anda lakukan didalam kantor, dengan cara mengangkat tangan kanan Anda kemudian tekuk hingga menjangkau punggung kiri atas. Lakukanlah ini selama 30 detik dan ulang dengan gerakan tangan kiri.

2. Olahraga Menggunakan Kursi

Manfaatkan kursi kantor Anda untuk melakukan Gerakan ini, dimulai dengan duduk bersila dan kemudian angkat menggunakan tangan Anda, tahan selama 2-3 detik.

3. Peregangan Bahu

Caranya cukup mudah, dimulai dengan menyatukan kedua tangan dan gerakan tangan sampai ke belakang tubuh, terakhir tarik ke belakang sambil membusungkan dada ke depan dan tahan gerakan seperti ini selama beberapa detik.

4. Peregangan Leher

Gerakan diawali dengan posisi kepala menunduk lalu putar ke kanan dan ketika mencapai titik awal putar lagi ke arah kiri, ulangi keduanya secara 3 kali.

5. Peregangan Batang Tubuh

Gerakan dimulai dengan menyilangkan kaki kiri di atas kaki kanan dan pastikan kaki kanan tetap menginjak pada lantai dan badan menghadap ke depan, lalu letakkan tangan kiri di bagian sandaran kursi atau pegang bagian belakang kurisi.

Nah, setelah persiapan selesai maka lakukan gerakan kearah lengan kiri yang bertumpu pada kursi dan ulangi dengan sisi yang lain, lakukanlah selama 10-30 detik .

6. Peregangan Hamstring

Dengan posisi awal duduk, gerakan dimulai dengan meluruskan kaki ke arah depan dan telapak kaki harus terangkat, lalu jangkau ujung kaki dengan kedua tangan dan tahan selama 10-30 detik.

7. Peregangan Punggung 

Caranya dimulai dengan menyatukan tangan ke arah depan, lalu tundukan kepala Anda hingga membuat otot punggung tertarik dan tahan selama 10-30 detik.

8. Mengepalkan Tangan

Setelah melakukan pekerjaan kantor seperti mengetik maka tangan akan terasa kaku dan pegal, maka dari itu lakukanlah gerakan mengepal tangan selama 10-30 detik secara perlahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penyakit jantung tips sehat Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top