Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda-tanda Awal Gula Darah Anda Sangat Tinggi

Ada 5 gejala awal yang mengindikasikan gula darah Anda sangat tinggi berikut ini :
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  13:12 WIB
Tanda-tanda Awal Gula Darah Anda Sangat Tinggi
Tanda-tanda Awal Gula Darah Anda Sangat Tinggi - mirror.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Gula darah tinggi  yang dikenal sebagai hiperglikemia adalah kondisi kesehatan berbahaya di mana kadar gula darah tidak terkendali karena kekurangan insulin dalam tubuh.

Umumnya terkait dengan diabetes, gula darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani.

"Tanpa fungsi insulin yang tepat, tubuh Anda tidak dapat menyimpan glukosa di otot atau hati, tetapi juga tidak dapat membuat lemak. Sebaliknya, lemak memecah dan menghasilkan, antara lain, asam keto," kata ahli endokrinologi Irl Hirsh, MD dilansir dari Expreas.

Dia menekankan ada 5 gejala awal yang mengindikasikan gula darah Anda sangat tinggi berikut ini :

1. Rasa haus yang meningkat

Apakah Anda selalu haus tidak peduli berapa banyak air yang Anda minum? Ini bisa menjadi tanda gula darah tinggi.

Tidak peduli seberapa banyak Anda minum, rasanya masih dehidrasi.

Jaringan Anda (seperti otot Anda), pada kenyataannya, mengalami dehidrasi ketika ada terlalu banyak glukosa (gula) dalam darah Anda. Tubuh Anda menarik cairan dari jaringan untuk mencoba mengencerkan darah dan melawan glukosa yang tinggi, sehingga jaringan Anda akan mengalami dehidrasi dan mengirim pesan bahwa Anda perlu minum lebih banyak. Ini juga terkait dengan peningkatan buang air kecil.

2. Kelelahan dan Kelaparan

Jika sel tidak dapat memproses glukosa dari darah Anda, kelelahan dan rasa lapar yang berlebihan akan terjadi, kata para ahli.

Itu berarti Anda tidak akan memiliki energi dan Anda bisa merasa lebih lelah dan lebih lapar dari biasanya."

3. Disfungsi Seksual Untuk Pria dan Wanita

Disfungsi seksual yang tidak dapat dijelaskan bisa menjadi tanda gula darah tinggi. "Dengan kedua jenis kelamin, semakin lama Anda menderita diabetes, semakin besar kemungkinan Anda mengalami disfungsi seksual dalam beberapa cara.

Perubahan testosteron atau estrogen (karena diabetes, menopause atau kondisi yang terjadi bersamaan) dapat memengaruhi libido, pelumasan, dan kemampuan untuk menjadi terangsang secara seksual. Ada pilihan pengobatan untuk pria dan wanita. Anda mungkin tidak melihat kesuksesan instan tetapi teruslah berbicara. dengan tim perawatan Anda untuk beralih ke opsi berikutnya. Ada harapan bahwa Anda dapat melanjutkan kehidupan seks yang aktif dan menyenangkan."

4. Tekanan darah tinggi

Gula darah tinggi dapat mempengaruhi tekanan darah, dokter memperingatkan.

"Insulin, yang berperan dalam mengelola glukosa darah, memiliki hubungan yang tidak menguntungkan dengan produksi oksida nitrat di pembuluh darah," kata Elena Christofides, MD, FACE.

Ini menghalangi kemampuan tubuh untuk membuat oksida nitrat. Oksida nitrat penting untuk pembuluh darah karena merupakan salah satu dari sedikit cara untuk memperluas ukuran pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Jika seseorang dengan diabetes menggunakan insulin , ini sangat merusak kemampuan tubuh untuk menurunkan tekanan darah melalui produksi oksida nitrat, yang pada gilirannya meningkatkan risiko tekanan darah tinggi."

5. Kencing Berlebihan

Peningkatan buang air kecil pada siang dan malam hari adalah tanda umum gula darah tinggi, dokter memperingatkan. "Molekul gula darah yang berlebih juga 'tumpah' ke dalam urin, artinya saat darah menyaring melalui ginjal, sebagian gula keluar dari darah dan tidak diserap kembali," kata James Norman, MD, FACS, FACE. "Gula ekstra yang sekarang ada dalam urin menyebabkan molekul air mengikuti (prinsip fisika normal) dan oleh karena itu penderita diabetes sering buang air kecil (gejala klasik kedua diabetes)."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gula darah Gejala Penyakit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top