Jantung Berdebar Salah Satu Gejala Kanker Paru-Paru/medicinenet.com
Health

Jantung Berdebar Salah Satu Gejala Kanker Paru-Paru

Intan Riskina Ichsan
Kamis, 23 Juni 2022 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ada lebih dari 200 jenis kanker di dunia, dan kanker dengan reputasi paling mematikan adalah kanker paru-paru. Orang yang merokok memiliki risiko terbesar terkena kanker paru-paru, meskipun juga dapat terjadi pada orang yang tidak pernah merokok.

Penyakit ini jarang menimbulkan tanda-tanda peringatan pada tahap awal, sehingga lebih sulit untuk mendeteksinya pada titik ketika masih dapat ditangani. Dilansir dari Entertainment Times, pada saat gejala yang lebih mengganggu muncul, seperti pneumonia berulang atau bronkitis, kanker kemungkinan telah menyebar.

Ada tanda dan gejala tertentu yang menunjukkan fakta bahwa tumor sedang membangun tekanan pada jantung Anda. Menurut para ahli, tanda yang kurang diketahui dari penyakit yang berpotensi mematikan ini adalah jantung berdebar-debar.

​Palpitasi dan Kanker Paru-paru

Palpitasi didefinisikan sebagai denyut atau detak jantung yang cepat atau tidak teratur secara tidak normal. Pasien sering menggambarkan palpitasi sebagai debaran cepat di dada, detak yang dilewati, atau sensasi berdebar di dada mereka.

Palpitasi adalah kejadian umum pada penderita kanker. Ini terjadi dari paru-paru yang memberi tekanan pada jantung. Namun, palpitasi tidak selalu menyiratkan bahwa Anda menderita kanker paru-paru. Stres, olahraga, obat-obatan, dan beberapa faktor sementara lainnya juga dapat menyebabkan perasaan memiliki jantung yang berdetak cepat atau berdebar-debar.

Tanda-tanda Lain Dari Kanker Paru-paru

Karena palpitasi adalah tanda peringatan yang langka, dokter menyarankan untuk waspada untuk mencari tanda peringatan lain dari penyakit ini juga. Ini bisa termasuk infeksi dada yang berlanjut, batuk darah, atau sakit saat bernafas dan batuk. Kehilangan nafsu makan, penurunan berat badan tanpa alasan yang diketahui, kelelahan dan kesulitan menelan juga merupakan gejala kanker paru-paru.

Clubbing finger juga terjadi pada 35 persen orang dengan kanker paru-paru non-sel kecil. Dalam hal ini, ujung jari membengkak secara bertahap. Pertama, pangkal kuku menjadi lembut dan kulit di sekitar dasar kuku menjadi berkilau. Selanjutnya, kuku mulai melengkung lebih dari biasanya. Akhirnya, ujung jari membengkak, yang disebabkan oleh pengumpulan cairan di jaringan lunak jari.

Penyebab Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru terjadi ketika agen penyebab kanker memicu pertumbuhan sel-sel abnormal di paru-paru. Dalam kebanyakan kasus kanker paru-paru, karsinogen yang mendorong pertumbuhan tumor adalah asap rokok. Merokok adalah penyumbang terbesar kanker paru-paru, terhitung 80 hingga 90 persen dari semua kasus.

Kanker paru-paru umumnya tidak diturunkan, mutasi spesifik yang tidak diturunkan dapat menyebabkan beberapa orang mengembangkan kanker ini. Paparan Radon adalah penyebab utama kedua kanker paru-paru, diikuti oleh paparan bahan kimia beracun. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda mengalami gejala yang terkait dengan penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro