Ilustrasi kanker payudara/boldsky
Health

Rima Melati Meninggal, Punya Riwayat Kanker Payudara

Nabila Dina Ayufajari
Kamis, 23 Juni 2022 - 22:04
Bagikan

3. Banyak Asupan Buah dan Sayuran, Kurangi Minum Alkohol

Pola makan yang sehat dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara. Cobalah untuk makan banyak buah dan sayuran, serta membatasi alkohol. Penting untuk diperhatikan, bahwa memilih untuk tidak minum sama sekali adalah pilihan paling sehat secara keseluruhan.

4. Jangan Merokok

Merokok menyebabkan setidaknya 15 jenis kanker yang berbeda, termasuk kanker payudara. Jika Anda merokok, maka cobalah untuk berhenti sesegera mungkin.

Hampir tidak pernah ada kata terlambat untuk mendapatkan keuntungan. Anda pasti bisa melakukannya demi kesehatan di masa depan.

5. Menyusui

Menyusui selama total satu tahun atau lebih (gabungan untuk semua anak) menurunkan risiko kanker payudara. Ini juga memiliki manfaat kesehatan yang besar bagi anak. Untuk informasi atau dukungan menyusui, hubungi dokter anak, rumah sakit, atau fasilitas kesehatan setempat.

6. Hindari Pil KB

Pil KB memiliki risiko dan manfaat. Semakin muda seorang wanita, maka semakin rendah risikonya. Sementara wanita yang berusia setelah 35 tahun menggunakan pil KB, maka mereka memiliki sedikit peningkatan risiko kanker payudara. Namun, risiko ini hilang dengan cepat, setelah menghentikan penggunaan pil. 

Risiko stroke dan serangan jantung juga meningkat saat menggunakan pil terutama jika seorang wanita merokok. Jika Anda sangat khawatir dengan kanker payudara, maka menghindari pil KB adalah salah satu pilihan untuk menurunkan risiko.

7. Hindari Terapi Hormon Menopause

Terapi hormon menopause tidak boleh dilakukan dalam jangka panjang untuk mencegah penyakit kronis. Studi menunjukkan itu memiliki efek campuran pada kesehatan dan meningkatkan risiko beberapa penyakit.

Baik hormon estrogen saja maupun hormon estrogen-plus-progestin dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Jika wanita mengambil terapi hormon menopause, maka harus untuk waktu sesingkat mungkin. Konsultasikan hal ini ke dokter Anda.

8. Tamoxifen dan Raloxifene untuk Wanita Berisiko Tinggi

Meskipun tidak umum dianggap sebagai 'perilaku sehat,' tetapi mengambil obat resep tamoxifen dan raloxifene dapat secara signifikan menurunkan risiko kanker payudara pada wanita yang berisiko tinggi terkena penyakit ini. Namun, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro