Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Studi: Berlebihan Minum Vitamin B Sebabkan Kanker Paru-paru pada Pria

Studi penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology menemukan bahwa penggunaan vitamin B6 dan B12 dari sumber suplemen individu, dikaitkan dengan 30% hingga 40% peningkatan risiko kanker paru-paru di antara pria.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 27 Juni 2022  |  09:17 WIB
Studi: Berlebihan Minum Vitamin B Sebabkan Kanker Paru-paru pada Pria
Vitamin B12

Bisnis.com, JAKARTA -  Sebuah studi penelitian pada lebih dari 70.000 orang menemukan korelasi antara konsumsi vitamin B dan risiko kanker paru-paru yang lebih tinggi.

Vitamin B adalah nutrisi penting yang membantu mencegah infeksi dan berguna dalam meningkatkan pertumbuhan sel, sel darah merah, meningkatkan tingkat energi, meningkatkan penglihatan, mengatur fungsi otak, membantu pencernaan dan memastikan fungsi saraf yang tepat.

Vitamin B banyak ditemukan pada produk hewani. Untuk mengimbangi jumlah vitamin B yang hilang dari produk hewani, orang sering mengonsumsi suplemen.

Suplemen vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B7, vitamin B9 dan vitamin B12.

Studi penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Oncology menemukan bahwa penggunaan vitamin B6 dan B12 dari sumber suplemen individu, dikaitkan dengan 30% hingga 40% peningkatan risiko kanker paru-paru di antara pria.

Juga ditemukan bahwa penggunaan suplemen vitamin B6, folat, dan B12 tidak terkait dengan risiko kanker paru-paru di kalangan wanita.

Studi ini menganalisis dosis suplemen rata-rata 10 tahun dan melihat bahwa risikonya bahkan lebih tinggi di antara pria yang merokok.

Penelitian dilakukan pada pria dan wanita berusia 50 hingga 76 tahun yang tinggal di wilayah 13 kabupaten di negara bagian Washington barat.

Sesuai data yang tersedia di situs web WHO, hampir 2 juta kematian terjadi pada tahun 2020 karena kanker paru-paru, yang merupakan kematian terkait kanker tertinggi tahun itu. Pada tahun yang sama, 2,21 juta kasus kanker paru-paru dilaporkan; jumlah kasus tertinggi dilaporkan pada kanker payudara.

Para ahli selalu memperingatkan terhadap konsumsi suplemen vitamin yang berlebihan. Seseorang harus selalu berkonsultasi dengan dokter untuk suplemen daripada pergi untuk pengobatan sendiri.

Studi ini menemukan bahwa sebagian besar peserta melebihi tunjangan harian yang direkomendasikan AS (RDA) untuk setiap vitamin B.
Kelebihan konsumsi vitamin B12 berhubungan dengan perubahan metilasi DNA beberapa gen yang dapat diaktifkan kembali atau dideregulasi selama karsinogenesis.

Kebutuhan harian berbagai vitamin B adalah:

  1. Vitamin B1: 1,5 mg
  2. Vitamin B2: 1,7 mg
  3. Vitamin B3: 20 mg
  4. Vitamin B5: 5 mg
  5. Vitamin B6: 1,3 mg
  6. Vitamin B7: 30 mcg
  7. Vitamin B9: 400 mcg
  8. Vitamin B12: 2,4 mcg

Angka-angka ini didasarkan pada data yang dibagikan oleh beberapa lembaga kesehatan. Dianjurkan untuk menghubungi dokter umum untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang jumlah vitamin B yang dibutuhkan seseorang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker vitamin kanker paru-paru Vitamin B
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top