Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tanda Kekurangan Vitamin B12 yang Muncul di Kaki Anda

Makanan mengandung vitamin B12 seperti daging sapi, keju dan telur, dapat membantu menjaga sel darah merah tetap sehat. Jika tidak terpenuhi, tubuh akan menjadi anemia dan ini dapat mengakibatkan gejala umum seperti kelelahan, sesak napas dan pusing.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 20 Juni 2022  |  10:54 WIB
Tanda Kekurangan Vitamin B12 yang Muncul di Kaki Anda
Tanda Kekurangan Vitamin B12 yang Muncul di Kaki Anda - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Vitamin sangat penting untuk menjaga tubuh kita tetap bekerja.

Kekurangan vitamin dapat menyebabkan masalah kesehatan yang berbeda. 

Misalnya, kekurangan B12 dalam tubuh dapat menyebabkan tubuh lemah. Dilansir dari Express UK, makanan mengandung vitamin B12 seperti daging sapi, keju dan telur, dapat membantu menjaga sel darah merah tetap sehat. Jika tidak terpenuhi, tubuh akan menjadi anemia dan ini dapat mengakibatkan gejala umum seperti kelelahan, sesak napas dan pusing.

Penjelasan Kekurangan B12

Kekurangan B12 juga dikenal sebagai defisiensi folat, atau anemia defisiensi vitamin. Anemia defisiensi vitamin adalah kekurangan sel darah merah yang sehat yang disebabkan oleh jumlah vitamin B-2 dan folat yang lebih rendah dari biasanya.

Ini bisa terjadi jika Anda tidak cukup makan makanan yang mengandung vitamin B12 dan folat, atau jika tubuh Anda kesulitan menyerap atau memproses vitamin ini. Tanpa nutrisi ini, tubuh memproduksi sel darah merah yang terlalu besar dan tidak berfungsi dengan baik sehingga mengurangi kemampuan mereka untuk membawa oksigen.

Anemia defisiensi vitamin biasanya berkembang perlahan selama beberapa bulan hingga bertahun-tahun. Tanda dan gejala tidak kentara pada awalnya tetapi biasanya meningkat seiring dengan memburuknya defisiensi.

Dua Pertanda di Kaki Karena Kekurangan B12

Gejala seperti "kesemutan" atau "mati rasa" di kaki merupakan pertanda. Jika Anda merasakan ini, disarankan untuk memasukkan lebih banyak B12 ke dalam makanan Anda sesegera mungkin, atau minum suplemen jika perubahan pola makan tidak berhasil.

Makanan lain yang kaya B12 yang layak dimasukkan dalam diet Anda adalah:

- Hati, ayam dan ikan

- Makanan yang diperkaya, seperti sereal sarapan

- Keju dan yoghurt

Untuk orang-orang yang memiliki kesulitan mengonsumsi makanan di atas, suplemen dapat dibeli tanpa resep dalam bentuk tablet atau semprotan. Jika gejalanya lebih serius, dokter umum Anda dapat meresepkan suntikan B12 untuk meningkatkan kadar dengan cepat.

Gejala Lainnya

Gejala lain dari defisiensi B12 meliputi:

- Kulit pucat atau kekuningan

- Detak jantung tidak teratur

- Penurunan berat badan

- Kelemahan otot

- Perubahan kepribadian

- Gerakan goyah

- Kebingungan mental atau kelupaan

Penyebab Kekurangan B12

Kekurangan B12 tidak selalu karena diet, beberapa penderita menderita anemia pernisiosa, yang berarti usus tidak dapat menyerapnya. Kondisi ini terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel di perut yang menghasilkan zat yang disebut faktor intrinsik. Tanpa zat ini, B12 tidak dapat diserap di usus.

Bisa juga disebabkan oleh penyakit usus seperti penyakit celiac, operasi pengangkatan atau bypass sebagian besar usus, konsumsi alkohol berlebihan dan obat resep, seperti beberapa obat anti-kejang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vitamin anemia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top