3 Gejala Covid pada Perut Anda, Termasuk pada Omicron BA4 dan BA5/Blogdoctoroz.com
Health

3 Gejala Covid pada Perut, Dirasakan juga Oleh Pasien Omicron BA4 dan BA5

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Juni 2022 - 09:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - COVID-19 berdampak pada orang yang berbeda dengan cara dan gejala yang berbeda.

Selain gejala umum penyakit seperti demam, batuk dan kelelahan, ada juga tanda-tanda perut buncit dan gangguan perut lainnya.

Penelitian telah menemukan bahwa virus yang menyebabkan coronavirus dapat memasuki sistem pencernaan Anda melalui reseptor permukaan sel untuk enzim yang disebut angiotensin converting enzyme 2.

Dilansir dari Times of India, masalah pencernaan dapat dengan mudah terjadi karena reseptor untuk enzim ini 100 kali lebih umum di saluran pencernaan dibandingkan dengan pernapasan. sistem.

Aplikasi ZOE COVID Study di Inggris melaporkan bahwa sebagian besar pasien yang dites positif COVID-19 mengalami gejala gastrointestinal (GI).

Gejala GI juga merupakan ciri umum virus corona selama strain Alpha dan Delta dan juga muncul selama gelombang Omicron.

Berikut adalah beberapa tanda umum virus corona yang dapat memengaruhi perut Anda.

1. Diare

Orang dengan COVID-19 umumnya mengalami diare. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Gastroenterology meneliti 206 pasien dengan kasus COVID-19 ringan.

Mereka menemukan 48 orang hanya memiliki gejala pencernaan dan 69 lainnya memiliki gejala pencernaan dan pernapasan. Dari total 117 orang dengan gangguan lambung, 19,4 persen di antaranya mengalami diare sebagai gejala awal.

Sebuah studi tahun 2021 yang diterbitkan di SN Comprehensive Clinical Medicine menemukan bahwa pasien COVID-19 yang mengalami diare sebagai salah satu gejala yang muncul lebih mungkin mengalami infeksi parah.

2. Sakit perut

Beberapa orang yang menderita virus corona mengeluhkan sakit perut akut dan nyeri perut saat terinfeksi penyakit tersebut. Sebuah studi dari Beijing menganalisis semua studi klinis COVID-19 dan laporan kasus terkait masalah pencernaan yang diterbitkan antara Desember 2019 dan Februari 2020. Mereka menemukan bahwa 2,2 hingga 6 persen pasien mengalami sakit perut.

Sakit perut yang terkait dengan coronavirus sering disertai dengan tanda-tanda lain seperti sakit kepala dan kelelahan. Dalam beberapa kasus, orang yang terinfeksi mungkin juga mengalami sakit tenggorokan dan kehilangan nafsu makan

3. Kehilangan nafsu makan

Selain gejala gastrointestinal lainnya, banyak orang yang terinfeksi COVID-19 juga sering melaporkan kehilangan nafsu makan. Menurut penelitian Beijing yang sama, sekitar 39,9 hingga 50,2 persen orang mengalami kehilangan nafsu makan. Studi ZOE COVID juga menemukan bahwa satu dari tiga orang dengan COVID-19 kehilangan nafsu makan, yang menyebabkan melewatkan makan.
Kehilangan nafsu makan dapat disebabkan oleh perasaan terlalu sakit atau terlalu lelah untuk menyiapkan atau makan. Untuk orang dewasa di atas 35 tahun, kehilangan nafsu makan biasanya berlangsung selama rata-rata empat hari tetapi bisa memakan waktu seminggu atau lebih untuk pemulihan total. Pada orang yang lebih muda dari 35, kehilangan nafsu makan biasanya berlangsung dua sampai tiga hari dan mereka menjadi lebih baik dalam seminggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro