Ilustrasi perempuan mengalami gejala Covid-19 yang mirip dengan gejala flu/Freepik
Health

Gejala Batuk saat Covid-19? Ini Posisi Tidur yang Bantu Melegakan

Nabila Dina Ayufajari
Senin, 27 Juni 2022 - 08:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batuk terus-menerus adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling umum dilaporkan. Bahkan gejala ini terkadang masih terus berlanjut meskipun sudah dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

Mengalami batuk berlama-lama selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan setelah sembuh diklasifikasikan sebagai long Covid.

Kondisi berkepanjangan ini membuat tidak nyaman dan susah tidur. Melansir dari Times of India pada Sabtu (25/6/2022), para ahli telah menemukan cara untuk membantu pasien mengobati gejala Covid-19 ini.

Batuk normal biasanya merupakan tindakan refleks saat membersihkan debu, dahak, dan iritasi lainnya dari paru-paru serta tenggorokan. Sementara itu, batuk Covid-19 ditandai dengan batuk kering dan terus-menerus yang dipicu oleh virus.

Batuk kering biasanya terjadi tanpa dahak atau lendir. Kondisi ini memiliki suara kasar yang konsisten karena tidak disertai dengan lendir. Hal lain yang membedakannya dengan batuk biasa adalah batuk Covid-19 biasanya persisten dan dapat bertahan selama berminggu-minggu bahkan terkadang berbulan-bulan.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional (NHS) Inggris, mereka yang mengalami batuk terus-menerus akibat terinfeksi virus Covid-19, sebaiknya hindari berbaring telentang. Dipercaya bahwa berbaring telentang dapat menyebabkan lendir menumpuk di tenggorokan yang dapat memicu batuk.

Adapun dianjurkan untuk berbaring miring saat tidur atau duduk tegak saat tidak di tempat tidur. Selain itu, terdapat cara lain dengan menumpuk beberapa bantal untuk sedikit mengangkat kepala dan leher.

Selain memperhatikan posisi tidur, NHS Inggris merekomendasikan untuk minum satu sendok teh madu guna meredakan gejala batuk. 

"Tapi jangan berikan madu kepada bayi di bawah 12 bulan. Jika ini tidak membantu, Anda bisa menghubungi apoteker untuk nasihat tentang perawatan batuk," katanya.

Menurutnya, seseorang dengan gejala tersebut juga perlu berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

“Seiring waktu, batuk bisa berkembang menjadi siklus, di mana batuk yang berlebihan menyebabkan iritasi dan peradangan, yang memperburuk batuk. Batuk kering mungkin tidak memiliki penyebab yang jelas dan menggunakan saran di bawah ini akan membantu mencegah batuk ini," tambahnya.

Seiring dengan batuk Covid-19, seseorang mungkin juga mengalami berbagai gejala termasuk:

1. Sakit tenggorokan

2. Demam

3. Pilek

4. Sakit badan dan persendian

5. Kelelahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro