Ginjal/wikybrew.com
Health

Waspadai 10 Tanda Ginjal Bermasalah: Sulit Tidur, Pipis Darah hingga Bengkak di Mata

Intan Riskina Ichsan
Selasa, 5 Juli 2022 - 12:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Orang yang memiliki penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejalanya. Jika ada sejumlah gejala dan tanda-tandanya, terkadang orang malah mengaitkannya dengan kondisi penyakit yang lain.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda ginjal yang bermasalah. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah Anda menderita penyakit ginjal adalah dengan melakukan tes.

Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, riwayat keluarga dengan gagal ginjal, atau jika Anda berusia lebih dari 60 tahun, penting untuk melakukan tes penyakit ginjal setiap tahun.

Namun terdapat ciri khusus yang menandakan bahwa ginjal Anda mungkin bermasalah.

Berikut 10 tanda-tanda terjadinya masalah pada ginjal, dilansir dari National Kidney Foundation:

1. Lelah, kurang energi, atau sulit berkonsentrasi

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini dapat menyebabkan orang merasa lelah, lemah dan dapat membuat sulit untuk berkonsentrasi.

Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

2. Mengalami kesulitan tidur

Ketika ginjal tidak menyaring dengan benar, racun tetap berada di dalam darah daripada meninggalkan tubuh melalui urin. Hal ini dapat membuat sulit untuk tidur.

Ada juga hubungan antara obesitas dan penyakit ginjal kronis. Sleep apnea lebih sering terjadi pada mereka dengan penyakit ginjal kronis, dibandingkan dengan populasi umum.

3. Kulit kering dan gatal

Ginjal yang sehat menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah Anda.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda penyakit mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut.

4. Buang air kecil lebih sering

Jika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Ketika filter ginjal rusak, dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro