Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 10 Makanan yang Cepat Menurunkan Berat Badan 

Telur sangat kaya akan nutrisi dan protein. Telur menjadi makanan yang bisa digunakan untuk menurunkan berat badan dan sering digunakan untuk diet.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 05 Juli 2022  |  19:35 WIB
Ilustrasi menurunkan berat badan. - Istimewa
Ilustrasi menurunkan berat badan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Banyak cara bagi seseorang untuk menurunkan berat badan, salah satunya dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan tertentu yang bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.

Selain dapat menurunkan badan, makanan ini juga baik bagi kesehatan. Pasalnya, jenis makanan penurun berat badan pasti memiliki kandungan yang baik bagi tubuh, seperti kandungan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Simak 10 makanan penurun berat badan yang dilansir dari Healthline pada Selasa (5/7/2022):

1. Telur

Telur sangat kaya akan nutrisi dan protein, kandungan tersebut ternyata dapat membantu Anda merasa kenyang. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 50 orang sehat dengan berat badan lebih menunjukkan bahwa makan telur dan roti panggang mentega untuk sarapan dapat meningkatkan perasaan kenyang selama 4 jam ke depan.

Artinya, dengan merasa kenyang dapat membantu memerangi makan berlebihan yang didorong oleh rasa lapar yang berlebihan sekaligus menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Salmon

Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. Kombinasi itu membuat rasa kenyang dan dapat membantu Anda mencapai berat badan yang diinginkan.

Salmon sarat dengan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan . Peradangan memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolic. Terlebih lagi, ikan dan makanan laut, secara umum menjadi sumber yodium alami yang dibutuhkan tubuh.

Adapun, kandungan nutrisi dari ikan yang diperlukan untuk tubuh sebagai fungsi tiroid yang tepat untuk menjaga metabolisme Anda berjalan secara optimal.

3. Kentang dan Sayuran Akar

Kentang dan sayuran akar lainnya memiliki khasiat luar biasa untuk menurunkan berat badan dan kesehatan yang optimal. Jenis makanan ini mengandung berbagai nutrisi yang sangat beragam seperti tinggi akan potasium, nutrisi yang cukup dan kandungan kalium yang berfungsi untuk melakukan manajemen tekanan darah.

Pada skala yang disebut Indeks Kekenyangan, yang mengukur seberapa mengenyangkan makanan yang berbeda, kentang putih rebus mendapat skor tertinggi dari semua makanan yang diuji, yang artinya dengan makan ubi putih atau ubi jalar rebus, Anda akan cenderung merasa kenyang secara alami. 

Lalu, jika Anda membiarkan kentang mendingin beberapa saat setelah direbus, maka kentang akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

4. Tuna

Selain salmon ini adalah ikan lainnya yang dapat menurunkan berat badan secara alami. Tuna juga merupakan ikan tanpa lemak, yang kaya akan protein sebagai kandungan yang dapat membuat Anda merasa tetap kenyang.

Lemak sehat dalam kandungan tuna memiliki asam docosahexaenoic (DHA) yang merupakan suatu bentuk asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi jantung Anda.

Jika Anda makan tuna kalengan, pilih varietas kalengan dalam air untuk Anda yang menginginkan lebih sedikit kalori. Sedangkan, tuna yang dikemas dalam minyak dapat meningkatkan kalori, lemak, dan natrium, dan bisa lebih mengenyangkan. 

5. Kacang-kacangan 

Kacang dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan, makanan ini cenderung tinggi protein dan serat, yang merupakan dua nutrisi dapat meningkatkan rasa kenyang. Mereka juga cenderung mengandung beberapa pati resisten.

Karena kandungan seratnya yang tinggi, kacang dapat menyebabkan gas dan kembung pada beberapa orang, maka dari itu Anda dapat membantu mengurangi efek samping ini, dengan membeli kacang kering dan rendam selama beberapa jam sebelum menyiapkannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diet berat badan tubuh langsing
Editor : Novita Sari Simamora

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top