Ilustrasi/epochtimes
Health

Vaksinasi Flu bagi Pekerja, Ahli Ungkap Manfaat bagi Pengusaha

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 12 Juli 2022 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Dokter Spesialis Okupasi Nusye E. Zamsiar mengingatkan pentingnya vaksinasi influenza atau flu di tengah arus pandemi Covid-19, terutama bagi kelompok pekerja, Selasa (12/7/2022).

Selain untuk menjaga kesehatan para pekerja, vaksinasi juga dapat berdampak baik bagi perusahaan dari segi peningkatan produktivitas maupun pembiayaan berobat.

"Pemberian vaksin yang dilakukan 1 kali setahun dapat lebih hemat daripada mengeluarkan biaya berobat bagi karyawan," katanya dalam webinar bertajuk 'Manfaat Vaksinasi Flu untuk Menjaga Produktivitas Perusahaan' yang diselenggarakan oleh Sanofi bersama Bisnis Indonesia, Selasa (12/7/2022).

Lebih lanjut ia menerangkan sejumlah dampak dari segi biaya medis yaitu biaya pengobatan, pemeriksaan diagnostik, hingga biaya pengendalian penyakit. 

Dari segi non medis, pengeluaran perusahaan akan meningkat karena ada sistem absenteeism, biaya petugas pengganti, dan penurunan produktivitas. Hal tersebut juga dapat berdampak pada kehilangan pelanggan hingga kerugian bisnis. 

Terlebih, program vaksinasi bagi pekerja telah banyak diatur dalam peraturan perundangan. Salah satu di antaranya yaitu tertulis dalam UU No. 1/1970 tentang keselamatan kerja.

Bunyi aturan tersebut yaitu, "Pemberi kerja berkewajiban menyediakan layanan kesehatan kerja untuk melindungi dan meningkatkan kesehatan pekerja".

Sebagai informasi, di Indonesia sendiri ada sekitar 2.000 hingga 4.000 kematian per tahun akibat flu khususnya bagi usia 75 tahun ke atas atau pasien komorbid.

"Influenza itu menyerang saluran pernapasan, virus ini bisa berjalan ke paru-paru dan menimbulkan radang paru-paru. Seandainya radang ini ringan tentu dapat disembuhkan, tetapi jika radang ini berat terutama bagi lansia tentu ini akan memperberat penyakit di paru-parunya dan berujung kematian," paparnya.

Di tengah pandemi Covid-19, influenza atau flu yang menyerang tubuh seseorang dapat memperparah gejala pasien Covid-19 sehingga risiko komplikasi meningkat.

Bahkan WHO sendiri telah mendukung vaksinasi influenza selama masa pandemi Covid-19. Maka, penting bagi masyarakat untuk menerima vaksin flu dan vaksin Covid-19.

Meski begitu, Nusye tetap menganjurkan masyarakat untuk tidak terlena dan tetap menerapkan protokol kesehatan saat ini seperti menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro