Ilustrasi perempuan mengalami gejala Covid-19 yang mirip dengan gejala flu/Freepik
Health

Kapan Dikatakan Sembuh dari Covid-19? Ini Kata Dokter

Intan Riskina Ichsan
Minggu, 24 Juli 2022 - 08:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Peningkatan kasus Covid-19 membuat banyak masyarakat kembali bertanya-tanya mengenai waktu dan keadaan seseorang yang dapat dikatakan sembuh, waktu isolasi, serta hasil PCR.

RA Adaninggar,dr,SpPD melalui akun Instagram @drningz menjelaskan mengenai kapan seseorang dapat dikatakan sembuh dari Covid-19. Hal ini dibagi menjadi beberapa kondisi, yaitu kondisi ketika dari awal tidak bergejala dan bergejala.

Bila sejak awal tidak bergejala, dikatakan sembuh bila:

  1. Sudah melewati masa isolasi
  2. Tidak muncul gejala apapun selama isolasi
  3. Isolasi dilakukan secara benar, tidak ada kontak erat baru selama isolasi, beanr-benar aktivitas di kamar, tidak keluar rumah, dan tidak interaksi dengan dengan orang lain
  4. Gejala teramasuk yang sangat ringan seperti meriang, demam nyeri otot, badan pegal-pegal, pusing, nyeri tenggorokan, nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, batuk (gejala-gejala flu/masuk angin)

Bila sejak awal bergejala dikatakan sembuh bila:

  1. Sudah melewati masa isolasi minimal 10 hari dan ditambah 3 hari bebas gejala (terutama gejala demam dan saluran napas) dan berdasarkan penilaian dokter
  2. Pada gejala berat, ditambah penilaian dokter dengan melihat kondisi pasien secara holistik
  3. Dokter akan menilai secara keseluruhan kondisi klinis, hasil lab, hasil radiologis, dll termasuk keputusan melakukan PCR evaluasi atau tidak

Bila gejala hilang sebelum 10 Hari, Anda boleh melakukan pemeriksaan PCR mandiri 1x:

  1. Bila hasil pcr negatif, Anda dikatakan sembuh dan boleh lepas isolasi
  2. Bila hasil masih positif, lanjutkan isolasi hingga hari ke-10 baru lepas isolasi di hari ke-11 tanpa perlu pemeriksana PCR ulang

Pemeriksaan PCR tidak bisa membedakan virus yang masih aktif dan tidak aktif, hanya digunakan untuk diagnosis awal. Pada gejala berat, masa hidup dan penularan virus bisa lebih lama dan butuh penilaian klinis dari dokter. Hasil PCR bukan penentu kesembuhan.

Bila Anda sudah melewati masa isolasi minimal 10 hari dan gejala Anda sudah hilang minimal 3 hari terakhir meskipun PCR +, bisa jadi Anda sudah smebuh dan pastikan dengan konsultasikan ke dokter.

Waktu Isolasi

Perlu lanjut isolasi setelah melewati masa isolasi 10 hari jika masih ada gejala akut (demam, batuk, sesak), kondisi umum belum membaik (badan belum fit, masi lemas, nafsu makan belum membaik), dan bila kelainan laboratoris dan radiologis belum membaik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro