Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan yang Bikin Mata Sehat dan Jernih

Selain memeriksakan secara rutin, beberapa makanan juga bisa membantu mata Anda lebih sehat dan jernih sebagai berikut
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 26 Juli 2022  |  19:30 WIB
Makanan yang Bikin Mata Sehat dan Jernih
Telur ayam - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mata adalah jendela hati dan merupakan indera penglihatan yang sangat penting untuk kehidupan Anda.

Ketika mata Anda bermasalah, maka bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Banyak orang yang kurang aware untuk kesehatan mata, dan jarang memeriksakan mata mereka.

Selain memeriksakan secara rutin, beberapa makanan juga bisa membantu mata Anda lebih sehat dan jernih sebagai berikut:

1. Kiwi 

Vitamin C adalah nutrisi yang mungkin memiliki peran penting dalam kesehatan mata, terutama dalam hal risiko katarak. Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar vitamin C dalam darah yang lebih tinggi terkait dengan penurunan kemungkinan terkena katarak, menyoroti peran pelindung nutrisi pada lensa mata.2

Sebuah meta-analisis 2016 dari 30 studi menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang lebih tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko katarak

Zespri SunGold kiwifruit (kiwi dengan daging emas yang cerah) adalah salah satu buah yang paling padat nutrisi. Kiwi memiliki lebih dari 20 vitamin dan mineral

Kiwi juga memiliki kandungan vitamin C tertinggi dari semua buah yang biasa dimakan.4 Kiwi berdaging emas menawarkan lebih dari 100% kebutuhan harian Anda akan vitamin C.

2. Telur

Telur adalah sumber nutrisi utama yang padat dan alami, termasuk protein berkualitas tinggi. Hampir setengah dari protein telur dan sebagian besar vitamin dan mineralnya ditemukan di kuning telur.

Telur direkomendasikan untuk kebanyakan orang dewasa sebagai bagian dari pola makan jantung sehat menurut American Heart Association

Kuning telur mengandung zeaxanthin—pigmen karotenoid yang mendukung kesehatan mata.

Dalam studi kohort, risiko perkembangan katarak menurun secara signifikan sebesar 26% untuk setiap peningkatan 10 miligram per hari dalam zeaxanthin dan sebesar 6% untuk setiap peningkatan 5 miligram per hari dalam vitamin A—nutrisi penting lainnya yang ditemukan dalam telur.

3. Ikan salmon

Salmon adalah sumber nutrisi karena dikemas dengan protein dan mikronutrien berkualitas tinggi seperti selenium dan yodium. Ikan air dingin yang berminyak seperti salmon juga merupakan salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3.

Memang benar bahwa asupan lemak dan kolesterol total yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko katarak.7 Di sisi lain, makan lebih banyak asam lemak omega-3 dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan katarak.8
Kacang kenari, biji rami, dan biji chia juga bisa memberi asupan omega-3 untuk diet Anda.

4. Labu

Sebagai sumber nutrisi pendukung kesehatan mata seperti vitamin E dan A, labu adalah makanan yang fantastis untuk dipertimbangkan jika Anda ingin menurunkan risiko katarak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tinggi vitamin E dan A terkait dengan lebih sedikit katarak.9 Hanya satu porsi labu akan memberi Anda 10% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI) untuk vitamin E dan lebih dari 300% RDI untuk vitamin A .

Anda bisa mendapatkan lebih banyak labu besar dalam diet Anda dengan menambahkan labu ke muffin, oatmeal, dan smoothie Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mata katarak Salmon telur
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top