Kesemutan/darya varia
Health

Sering Kesemutan? Obati dengan Bahan Alami Berikut Ini

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 27 Juli 2022 - 16:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kesemutan atau terasa tertusuk, sensasi "pin dan jarum"; biasanya bersifat sementara, sering terjadi di lengan, tangan, kaki, atau kaki.

Kesemutan dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit. Contohnya meliputi membatasi aliran darah ke bagian tubuh, mengenakan sepatu ketat, atau duduk di toilet terlalu lama.

Jika kesemutan Anda bukan disebabkan oleh penyakit berat, ada beberapa cara untuk mengobatinya berikut ini dilansir dari onlymyhealth:

1 Gunakan Minyak Esensial Lavender

Minyak atsiri sangat membantu dalam meredakan banyak masalah kesehatan termasuk kesemutan. Minyak lavender adalah yang terbaik untuk mengobati parestesia. Menggunakan minyak ini akan meredakan kesemutan pada tangan dan kaki Anda. Minyak lavender memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-analgesik untuk meredakan parestesia.

2 rendam kaki garam Epsom

Garam epsom memiliki kandungan magnesium yang memiliki sifat anti inflamasi yang juga dapat meredakan rasa kesemutan. Anda bisa mencoba rendaman garam Epsom untuk mengurangi sensasinya. Perendaman kaki sangat bagus untuk kaki Anda. Ini juga dapat menenangkan saraf yang teriritasi yang cenderung menyebabkan mati rasa dan kesemutan.

3 Pijat Kaki

Terapi pijat adalah terapi yang terbukti untuk kesemutan. Memijat tangan dan kaki membantu mengurangi sensasi kesemutan yang konstan. Pijat merangsang saraf dan meningkatkan fungsinya untuk mengurangi kesemutan. Memijat juga meningkatkan sirkulasi darah yang merupakan faktor lain untuk meredakan kesemutan.

4. Kayu Manis

Kayu manis adalah ramuan obat yang dapat meredakan berbagai masalah termasuk kesemutan. Kayu manis memiliki potasium dan mangan yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga menghilangkan mati rasa dan kesemutan yang ekstrem.

5. Yogurt

Yogurt juga merupakan obat yang bagus untuk menghilangkan kesemutan dari tangan dan kaki. Yogurt memiliki banyak nutrisi termasuk mangan yang membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah Anda dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menghilangkan sensasi kesemutan dari tangan dan kaki.

Mengkonsumsi semangkuk dadih atau yogurt setiap hari tidak hanya dapat meredakan kesemutan tetapi juga menawarkan segudang manfaat kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro