Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Kamu Siapkan

Berikut daftar kebutuhan bayi baru lahir yang sebaiknya dilakukan sebelum melahirkan untuk perempuan maupun laki-laki.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 28 Juli 2022  |  19:52 WIB
Daftar Perlengkapan Bayi yang Perlu Kamu Siapkan
Daftar kebutuhan bayi baru lahir - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagai perlengkapan bayi yang lucu-lucu dan menggemaskan mungkin bisa membuat bumil ingin membeli semuanya Ketika berbelanja. Padahal, belum tentu semua barang itu akan digunakan sehingga tidak perlu beli. 

Bayi baru lahir memiliki perlengkapan khusus. Hal ini juga nantinya akan memudahkan kamu dalam berawat bayi. Sebelum langsung berbelanja, kamu perlu membuat daftar kebutuhan perlengkapan bayi yang baru lahir. Tujuannya, agar tidak bingung atau atau pun kewalahan karena banyak barang yang tersedia. 

Berikut daftar perlengkapan bayi yang perlu kamu beli sebelum melahirkan:

1. Baju Bayi

Baju bayi menjadi kebutuhan perlengkapan bayi baru lahir yang utama. Namun, tidak perlu membelinya terlalu banyak mengingat tubuh bayi yang cepat membesar. Jadi, kamu bisa membeli baju bayi dalam berbagai variasi ukuran, seperti ukuran newborn 3-6 bulan, 6-9 bulan dan 9-12 bulan. Jadi, tidak ada salahnya untuk langsung membeli ukuran baju yang lebih besar dari umurnya. 

Dikutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesi,baju bayi yang nyaman adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa memilih pakaian dengan bahan yang lembut, tidak kaku dan menyerap air. Tidak dianjurkan untuk membedong dan menggunakan gurita karena dapat menghambat ruang gerak dan pernapasannya. 

Sebaiknya kamu membeli baju yang terdiri dari: 

a. Jumpsuits (baju tidur) sebanyak 7-10 buah

b. Kaus dalam 1 lusin

c. Celana panjang dan celana pendek sebanya 5-7 buah

d. Baju panjang dan baju pendek 5-7 buah

e. Topi kupluk sebanyak 3 buah

f. Sweater sebanyak 3-5 buah

g. Kaus kaki sebanyak 5-7 buah

2. Perlengkapan Popok

Bayi yang baru lahir tentunya akan sering ngompol, sehingga popok sangat diperlukan. Umumnya, bayi yang baru lahir bisa menghabiskan 10-12 popok setiap harinya. Kamu bisa membeli 4-5 popok kain sekali pakai yang banyak dijual di toko-toko. Jika bayi akan menggunakan popok sekali pakai, kamu bisa membeli popok dengan kemasan kecil dan dari berbagai merek. Hal ini akan menghindari bayi dari iritasi. 

3. Perlengkapan Mengganti Popok

Tidak hanya popok bayi, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan popok bayi yang baru lahir. Beberapa peralatan di bawah ini bisa kamu gunakan saat dirumah atau kamu bawa saat berpergian. 

Tisu khusus bayi, bahannya lebih lembut dibandingkan tisu untuk orang dewasa. 
Tisu basah tanpa alcohol dan pewangi, untuk mencegah kulit iritasi.
Cotton ball, kapas khusus untuk membesihkan area kemaluan bayi dan pantat bayi.
Krim ruang popok, gunakan krim khusus pada area paha dan pantat untuk mencegah ruam popok. 

4. Perlengkapan Mandi

Selain kelengkapan pakaian, keperluan mandi bayi baru lahir juga tidak boleh tertinggal. Dikutip dari situs Resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDA) bayi masih memiliki lapisan pelindung yang terlihat seperti lemak berwarna putih yang berfungsi menjaga suhu tubuh si kecil. 

Setelah 6 jam, barulah si kecil sudah bisa dibersihkan. Namun, tentu saja memandikan bayi baru lahir ini dilakukan dengan cara yang tepat, yaitu dilap memakai air hangat. Air yang digunakan juga hangat suam-suam kuku, hangat menuju dingin untuk ukuran orang dewasa. 

Berikut perlengkapan mandi untuk baru lahir: 

a. 1 bak mandi yang di desain khusus untuk bayi. 
b. 2 handuk bayi. 
c. Alas tidur tahan air atau perlak. 
d. Sampo bayi. 
e. Sabun bayi. 
f. Waslap. 

5. Tempat Tidur

Setelah mmebeli baju tidur, orang tua juga perlu memikirkan perlengkapan tidur bayi baru lahir yang lainnya. agar lebih leluasa, tidak ada salahnya si kecil juga memiliki tempat tidur sendiri. Jika khawatir, kamu juga bisa menaruhnya di dalam kamar orang tua. Pastikan ia tidur di alas yang rata dan tidak perlu terlalu empuk.

Kamu juga bisa menambahkan kelambu untuk menghindari gigitan nyamuk. Penggunaan bantal dan selimut juga sebenarnya tidak direkomendasikan. Apabila ingin membeli selimut bayi, gunakan yang terdapat resleting sehingga kalau tersibak, tidak menutupi kepalanya. 

6. Perlengkapan Asi

Khusus perlengkapan ASI, peralatan yang wajib adalah pompa ASI. Terdapat banyak jenis pompa ASI yang bisa kamu pilih, mulai dari yang elektrik hingga manual. Pompa ASI akan memudahkan kamu untuk memerah dan tetap memberikan ASI pada bayi, meskipun sedang tidak Bersama si kecil. 

Jangan lupa kamu membeli beberapa pak kantung atau botol kaca penyimpanan ASI. Saat memompa ASI, kamu juga membutuhkan penutup atau biasa disebut dengan nursing cover. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya saat menyusui si kecil secara langsung. 

7. Botol Susu

Meskipun kamu menyusui bayi secara langsung, tidak ada salahnya untuk menyiapkan keperluar perlengkapan bayi dari baru lahir lainnya seperti botol susu. Kamu bisa menyiapkan botol susu khusus bayi baru lahir serta tambahan dot untuk usia 6 bulan ke atas. Pilihlah botol susu yang bebas bahan kimia dengan standar BPA free. Lengkapi juga peralatan steril  botol susu dengan sikat kecil, spons hingga cairan pembersih botol susu yang aman.

8. Tas Bayi

Untuk menyimpan perlengkapan bayi baru lahir saat berpergian, setidaknya kamu mempunyai dua jenis tas berbeda. Pertama adalah tas diaper untuk pakaian ganti. Popok, handuk, botol minum, tisu dan lain-lain. Pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kedua, kamu juga perlu menyiapkan tas penyimpanan ASI. Jadi, setelah memompa ASI di kantor atau saat berpergian, kamu bisa langsung menyimpan di tas itu. 


Itulah beberapa perlengkapan bayi baru lahir yang perlu kamu siapkan. Jangan lupa untuk membuat daftar agar membeli sesuai dengan kebutuhannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ucapan Selamat Pagi Daftar Perlengkapan Bayi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top