PayPal/Istimewa
Relationship

Apa itu Paypal yang Lagi Trending di Twitter

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 31 Juli 2022 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memutuskan akses penyelenggara sistem elektronik (PSE) lingkup privat yang belum mendaftar Sabtu (30/7/2022).

Adapun 8 platform yang diputus yakni Amazon.com, Paypal, Yahoo.com, Epic Games, Steam, Dota, CS dan Origin.

Salah satu pemutusan layanan yang diprotes warganet yakni platform PayPal, karena dinilai merugikan bagi para pekerja freelance yang bekerja pada perusahaan luar dan mengandalkan PayPal sebagai pembayaran gaji mereka.

Untuk itu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mencabut pemblokiran PayPal sementara untuk memberikan waktu bagi bagi masyarakat bermigrasi ke platform pembayaran lainnya.

PayPal dibuka pemblokiran dengan waktu tenggat sampai 5 hari kerja untuk masyarakat mulai migrasi ke platform pembayaran lainnya seperti bank di Indonesia yang dinilai sudah mempunyai teknologi dan akses untuk pembayaran internasional.

Lantas apa sebenarnya paypal itu hingga membuat warganet resah karena diblokir Kominfo?

PayPal adalah salah satu sistem pembayaran digital yang banyak digunakan di beberapa negara di dunia.

Ini adalah layanan keuangan online yang memungkinkan Anda membayar barang menggunakan akun internet. Anda cukup menambahkan detail rekening bank, kartu kredit, atau kartu debit Anda dan kapan pun Anda membayar menggunakan PayPal, Anda dapat memilih kartu atau akun mana yang digunakan untuk membayar. Anda juga dapat mengatur satu menjadi metode pembayaran default dan yang akan digunakan kecuali jika Anda memilih sebaliknya.

Banyak penjual online mengizinkan pembelinya yang bahkan berada di luar negeri untuk membayar menggunakan PayPal, bahkan dalam tiga kali angsuran bulanan.

Selain transaksi pembelian barang, Anda juga bisa menggunakan PayPal untuk menerima uang. Setiap uang yang diterima disimpan di akun PayPal Anda dan dapat digunakan saat membayar sesuatu, dengan saldo diisi oleh kartu atau rekening bank yang Anda tetapkan.

Atau, Anda dapat mentransfer uang ke salah satu rekening bank atau kartu yang Anda tetapkan. Mungkin ada biaya yang dikenakan saat Anda menerima uang ke akun PayPal Anda, tetapi sebagian besar gratis untuk digunakan saat membeli sesuatu.

Transfer uang ke teman atau keluarga melalui akun PayPal juga gratis, selama tidak diperlukan konversi mata uang.

PayPal juga memberikan fasilitas bergaya kartu kreditnya sendiri untuk pengguna, dengan opsi untuk membayar produk menggunakan kredit untuk membayar kembali nanti.

Bagaimana cara mendapatkan akun PayPal dan membayar tagihan?

Sangat mudah untuk mendaftar akun PayPal. Anda menuju ke PayPal.com dan klik tombol Daftar.  Jangan lupa untuk membawa detail bank, kartu kredit atau debit Anda.

PayPal bekerja secara online dan di toko melalui browser atau aplikasi seluler. Ada aplikasi khusus untuk Android dan iOS.

Saat membayar online, Anda hanya perlu mencari simbol PayPal dan check out dengan mengikuti petunjuk sederhana di layar. Aplikasi melakukan lebih banyak.

Cara mencairkan dana di paypal ke rekening bank Anda

1. Buka browser web Anda dan buka situs PayPal. Pilih tombol Masuk di sudut kanan atas layar.

2. Masukkan alamat email dan kata sandi akun Anda untuk mengakses ringkasan akun PayPal Anda dan pilih Masuk.

3. Di bawah saldo akun Anda saat ini, pilih Transfer Uang.

4. Pilih Transfer dari PayPal ke bank Anda di layar Transfer uang.

5. Layar berikutnya menunjukkan pilihan Anda:

Instan: PayPal mentransfer uang Anda secara instan untuk 1 persen dari jumlah yang ditransfer.
Standar: Tarik seluruh saldo atau sebagiannya secara gratis. Transfer ini tiba di bank Anda pada hari kerja berikutnya.
Pilih tombol di sebelah bank Anda di bagian Instan. Jika Anda memiliki lebih dari satu bank yang terdaftar di PayPal, pilih bank tujuan transfer. Klik atau tekan Berikutnya.

6. Masukkan jumlah yang ingin Anda transfer. Anda tidak perlu memasukkan titik desimal atau koma. Cukup ketik angka secara berurutan. Anda juga tidak perlu memotong biaya 1 persen sendiri. Pastikan semuanya terlihat benar dan pilih Berikutnya untuk melanjutkan.

7. Hal berikutnya yang Anda lihat adalah rincian PayPal atas transfer Anda dan pengurangan biaya 1 persen. Asalkan tidak ada yang terlihat tidak pada tempatnya, konfirmasikan transfer.

8. PayPal menunjukkan pesan konfirmasi, memberi tahu Anda bahwa permintaan Anda sedang diproses.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro