Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebiasaan Sarapan yang Bisa Turunkan Metabolisme

Beberapa ahli diet mengingatkan kebiasaan sarapan umum yang mungkin memperlambat metabolisme Anda
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  12:21 WIB
Kebiasaan Sarapan yang Bisa Turunkan Metabolisme
Smoothie bowl, sarapan enak dan sehat - Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Metabolisme adalah proses dimana ketika tubuh Anda mulai bekerja untuk mengubah zat-zat dalam makanan yang Anda konsumsi menjadi energi yang dapat digunakannya.

Metabolisme hampir selalu dibahas bersamaan dengan penurunan berat badan atau manajemen berat badan, tetapi bisa mulai terasa berlebihan jika kita tidak tahu bagaimana menjaga metabolisme kita pada tingkat yang sehat.

Salah satu cara utama untuk meningkatkan metabolisme adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Salah satu yang penting menjaga metabolisme tubuh yakni melalui sarapan.

Beberapa ahli diet mengingatkan kebiasaan sarapan umum yang mungkin memperlambat metabolisme Anda berikut ini dilansir dari EatThis: 

1. Melewati sarapan

Menurut ulasan baru-baru ini yang diterbitkan di Nutrients, menghindari sarapan telah ditemukan mengganggu ritme sirkadian tubuh, yang diketahui berdampak negatif pada metabolisme dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

2. Kebanyakan makanan manis

Ketika Anda makan terlalu banyak gula tambahan di pagi hari, gula darah Anda naik dan kemudian berhenti.

Gula yang ditambahkan, terutama dalam bentuk minuman manis, juga terbukti memperlambat metabolisme. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam European Journal for Clinical Nutrition, ditemukan bahwa peserta yang dianggap kelebihan berat badan dan mengonsumsi minuman manis dalam jumlah banyak mengalami penurunan metabolisme.

Sarapan paling sehat untuk metabolisme Anda mencakup kombinasi nutrisi dan menciptakan pasangan yang sempurna. Misalnya memasukkan protein, karbohidrat sehat, dan lemak baik seperti makanan ini telur dadar dan menambahkan sayuran hijau dan tomat, atau memasukkan alpukat untuk lemak sehat pada sepotong roti gandum.

3. Makan karbohidrat sendiri

Sejalan dengan tidak memulai hari Anda dengan gula tambahan, Goodson memperingatkan bahwa memulai pagi Anda hanya dengan karbohidrat jenis apa pun masih dapat menyebabkan lonjakan gula darah.
Sementara tubuh Anda membutuhkan karbohidrat untuk energi, jika Anda memakannya sendiri, mereka sering kali dapat meningkatkan gula darah Anda yang menyebabkannya turun kemudian, membuat Anda mengalami kecelakaan energi. Ketika gula darah Anda turun, orang sering mendambakan gula dan itu membuat mereka naik roller coaster gula darah sepanjang hari.

4. Sarapan 'ringan'

Begitu banyak orang berpikir mereka harus makan sesuatu yang ringan untuk sarapan dan menyimpan kalori mereka untuk sisa hari itu! Itu adalah metabolisme yang tidak boleh 

Tujuan sarapan adalah untuk meningkatkan metabolisme Anda di pagi hari. Dan biasanya ketika orang memulai hari dengan sarapan tinggi serat dan kaya protein, mereka cenderung makan lebih sedikit di malam hari dan menghindari keinginan mengidam di malam hari.

5. Lupa menghidrasi

Kebiasaan tidak sehat lain yang banyak dari kita miliki adalah lupa untuk tetap terhidrasi di pagi hari.

Tubuh Anda membutuhkan air untuk berfungsi pada tingkat sel, jadi ketika Anda mengalami dehidrasi, metabolisme Anda menjadi lamban.

Pastikan untuk menyertakan minuman, apakah itu air putih, kopi, teh, atau jus, dengan sarapan Anda. Lebih baik lagi, minum segelas air di pagi hari untuk mencegah dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sarapan metabolisme makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top