Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beragam Manfaat Habbatussauda, Si Biji Kecil Hitam 'Ajaib'

Berikut berbagai manfaat habbatussauda yang bisa Anda ketahui untuk kesehatan tubuh.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 03 Agustus 2022  |  13:51 WIB
Beragam Manfaat Habbatussauda, Si Biji Kecil Hitam 'Ajaib'
Habbatussauda atau Jinten Hitam merupakan obat herbal yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit - NutraIngredients/Asia

Bisnis.com, JAKARTA—Habbatussauda adalah biji jintan hitam, yang berasal dari tanaman adas di Asia Tenggara. Biji ini telah digunakan secara medis selama berabad-abad di seluruh Asia dan bagian lain dunia.

Populer di bidang kesehatan karena kekuatan penyembuhannya, habbatussauda atau nigella sativa memiliki manfaat pengobatan yang tercatat pada awal tahun 980 oleh tabib Muslim Persia. Ia Bernama Avicenna, yang menyatakan bahwa menelan biji tanaman habbatussauda adalah pengobatan untuk dispnea atau sesak napas.

Dilansir dari Purely B, saat ini, biji habbatus sauda digunakan sebagai metode penyembuhan alternatif untuk berbagai penyakit, termasuk sakit kepala, radang sendi, kemacetan, masalah pencernaan dan banyak lagi.

Manfaat Habbatussauda

Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri ke dalam jalur biologis, salah satu alasan mengapa bijinya dianggap sangat menyembuhkan.

Berikut berbagai manfaat habbatussauda yang bisa Anda ketahui untuk kesehatan tubuh:

1. Sebagai Anti Inflamasi

Manfaat habbatussauda yang paling menonjol adalah sifat anti-inflamasinya. Mampu mencegah berbagai penyakit dari peradangan kronis, seperti kolitis ulserativa, asma, bisul, diabetes, penyakit jantung, dan dalam beberapa kasus bahkan kanker. Minyak habbatussauda efektif untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh dan mengurangi stres oksidatif (ketidakseimbangan antioksidan dan radikal bebas).

2. Memperkaya Kinerja Otak

Karena sifat anti-inflamasi habbatussauda dan antioksidan yang kaya, penelitian telah melihat beberapa manfaat otak utama dari biji ini, termasuk peningkatan memori dan fungsi kognitif. Habbatussauda juga merupakan ramuan yang sangat menjanjikan untuk pengobatan dan pencegahan penyakit Alzheimer karena telah terbukti membantu melindungi degenerasi neuron di beberapa bagian otak.

3. Sebagai Antimikroba

Habbatussauda telah ditemukan memiliki sifat antimikroba untuk melawan bakteri dan infeksi tertentu, dari infeksi telinga hingga pneumonia hingga staph. Habbatussauda efektif dalam mengekang pertumbuhan Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA), infeksi staph yang fatal dan terkenal sulit diobati, serta strain bakteri lainnya.

4. Meningkatkan Kecantikan

Minyak habbatussauda juga dapat digunakan untuk berbagai kondisi kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit. Menggunakan minyak habbatussauda membantu mengurangi jerawat dalam waktu delapan minggu. Ini juga telah terbukti mengurangi kekambuhan psoriasis dan mendukung penyembuhan luka yang dipercepat karena sifat antibakterinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Habbatussauda herbal kacang tanah
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top