Kandungan dan Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh - Freepik
Health

Kandungan dan Manfaat Habbatussauda untuk Kesehatan Tubuh

Nuraini
Rabu, 11 Januari 2023 - 21:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Habbatussauda merupakan tanaman yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat habbatussauda bagi kesehatan ini sudah tidak perlu dilakukan lagi karena sudah banyak dilakukan penelitian.

Habbatussauda atau yang dikenal juga dengan jintan hitam ini merupakan tanaman jenis semak belukar yang tubuhnya liar. 

Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas seputar kandungan dan manfaat habbatussauda. Dilansir dari Good Doctor, berikut penjelasan lengkapnya. 

Kandungan Habbatussauda

Habbatussauda ini memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Habbatussauda mengandung protein, kalsium, zat besi, serat, zinc, fosfor, aneka vitamin dan juga mengandung antioksidan seperti flavonoid.

Manfaat Habbatussauda untuk kesehatan tubuh

1. Mengobati masalah lambung

Habbatussauda memiliki manfaat yang sangat baik untuk mengatasi masalah yang terjadi pada lambung. Manfaat Habbatussauda untuk lambung salah satunya yaitu dapat mengobati tukak lambung. Selain itu, habbatussauda juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada pencernaan. 

2. Manfaat habbatussauda untuk promil

Ternyata salah satu khasiat habbatussauda atau jintan hitam ini merupakan tanaman yang baik untuk pasangan yang ingin program hamil. Salah satunya fungsi habbatussauda yaitu dapat menjaga dan juga meningkatkan kualitas dari sel telur. 

Kandungan antioksidan dari habbatussauda ini bisa menjaga agar kualitas sel telur dari wanita tetap dalam kondisi baik dan tidak mengalami gangguan. Kualitas sel telur yang cukup matang dan kondisinya baik ini akan dibuahi sperma pada pria. 

Selain itu, habbatussauda juga memiliki manfaat khusus untuk pria. Manfaat Habbatussauda untuk pria yaitu dapat menjaga kualitas dari sel sperma. Minyak dari habbatussauda ini bisa meningkatkan kualitas sperma serta menunjang struktur dari jaringan testis. 

3. Melancarkan menstruasi

Masalah yang seringkali dihadapi pada wanita yaitu menstruasi yang tidak lancar. Manfaat habbatussauda untuk wanita yaitu bisa mengajarkan menstruasi. Bagi Anda yang ingin menstruasi lancar maka bisa mengkonsumsi habbatussauda ini setiap hari secara rutin.

4. Mengobati diabetes

Khasiat habbatussauda yang selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk mengobati diabetes. Habbatussauda akan membantu dalam mengolah kadar gula darah Anda. Mengkonsumsi habbatussauda secara rutin bisa membantu untuk membuat kadar gula menjadi lebih stabil. 

5. Menghilangkan sakit kepala

Ternyata manfaat habbatussauda selanjutnya yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan sakit kepala. Sakit kepala ini menjadi salah satu masalah yang sering dialami cara tiba-tiba dan sangat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Sebelum memutuskan untuk meminum obat sakit kepala, maka tak ada salahnya untuk mencoba habbatussauda sebagai obat sakit kepala. 

Cara Mengkonsumsi Habbatussauda

Mengkonsumsi habbatussauda ini bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa dengan dimasak, bisa dengan ditambahkan ke dalam makanan, ataupun bisa dengan mengkonsumsi dalam bentuk suplemen. 

Bahkan habbatussauda juga bisa dijadikan sebagai campuran smoothies sehingga menyamarkan rasa yang sedikit pahit dari habbatussauda. Pada saat mencampurkan dalam smoothies ini, Anda bisa menghancurkannya terlebih dahulu atau hanya dengan menaburkan habbatussauda tersebut di atas smoothies. 

Mengkonsumsi habbatussauda dalam bentuk suplemen juga terasa lebih mudah. Habbatussauda biasanya tersaji dalam bentuk kapsul bisa langsung dikonsumsi. 

Habbatussauda dalam bentuk kapsul ini akan membantu penyerapan kandungannya di dalam darah. Konsumsi habbatussauda dalam bentuk kapsul juga dinilai lebih mudah. Sehingga manfaat habbatussauda menjadi lebih efektif dan efisien.

Demikian informasi mengenai manfaat habbatussauda bagi kesehatan. Meskipun memiliki banyak manfaat, konsumsi habbatussauda tidak boleh berlebihan agar tidak menyebabkan efek samping yang mengganggu kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro