Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini 7 Fakta Rumah Susun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2

Joko Anwar membagikan beberapa fakta mengenai rumah susun tempat lokasi syuting Pengabdi Setan 2 yaitu sebagai berikut.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 08 Agustus 2022  |  12:54 WIB
Ini 7 Fakta Rumah Susun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2
Ilustrasi rusun pengabdi setan 2 - twitterdrhaltekehalte
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah sukses di tahun 2017 pada film pertama Pengabdi Setan, Joko Anwar kembali menyajikan sajian horor mencekam melalui Pengabdi Setan 2.

Berlokasi di rumah susun, ternyata pencarian tempat lokasi ini cukup unik dan menyulitkan.

Melalui podcast HAHAHA TV oleh Ernest Prakasa, Joko Anwar membagikan beberapa fakta mengenai rumah susun tempat lokasi syuting Pengabdi Setan 2 yaitu sebagai berikut:

1. Pencarian Rumah Susun Selama 4 Bulan

Pencarian panjang Joko Anwar dilakukan selama 4 bulan lamanya. Hal ini dikarenakan Joko ingin mencari rumah susun yang bersedia dipakai selama 1,5 bulan lamanya. Setengah bulan untuk segala persiapan, kemudian 1 bulan untuk waktu syuting.

2. Lokasi Ditemukan dari Twitter

Setelah hampir putus asa, Joko mencari rumah susun melalui Twitter dan dibantu oleh salah satu pengguna Twitter bernama Gabriella. Rumah susun tersebut terletak di Jakarta Timur dalam keadaan kosong.

3. Rumah Susun Kosong Selama 15 Tahun

Jika menggunakan rumah susun yang berpenghuni, Joko harus membiayai biaya relokasi dari para ratusan penghuni. Dengan rumah susun yang kosong ini, Joko bisa menggunakannya untuk syuting namun dengan perizinan dan pengamatan para ahli agar terbukti aman. Rumah susun ini kosong dan terbengkalai selama 15 tahun dan belum pernah dihuni siapapun sejak dibangun.

4. Konstruksi Bangunan Belum Lengkap

Karena rumah susun ini terbengkalai, maka banyak dinding-dinding yang belum dibangun. Bahkan untuk lift-nya sendiri kosong sehingga lift dibuat terlebih dahulu untuk kepentingan syuting. Akhirnya, beberapa lantai dibangun sendiri agar layak untuk dipakai syuting.

5. 26 Tangki Air untuk Merendam Satu Lantai

Terdapat adegan banjir pada Pengabdi Setan 2 yang merupakan air asli sebanyak 26 tangki tanpa CGI. Adegan tersebut dibuat secara natural, dengan truk tangki yang secara kontinyu terus berdatangan karena ada beberapa yang bocor sehingga harus terus dipenuhi kembali.

6. Minim Penerangan

Syuting dilakukan secara practical light yaitu jika adegannya hanya menggunakan korek api, maka benar-benar hanya menggunakan korek api sehingga akan terlihat benar-benar gelap. Begitupun dengan adegan yang hanya menggunakan senter atau lilin. Joko mempertahankan suasana seperti ini agar aktingnya terlihat natural dan benar-benar mencekam.

7. Kejadian Janggal Para Pemain di Rumah Susun

Salah satu pemain yang memerankan Wina, Nafiza Fatia Rani menangis karena melihat pintu di rumah susun terbuka dan menutup sendiri. Setelah ia tenang, ia kemudian melihat penampakan bayi merambat di tembok. Kemudian Ratu Felisha yang ketakutan karena minim cahaya, tidak ingin syuting sendiri dan ingin terus ditemani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengabdi setan rumah susun joko anwar horor film indonesia
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top