Ilustrasi rusun pengabdi setan 2/twitterdrhaltekehalte
Entertainment

Ini 7 Fakta Rumah Susun Lokasi Syuting Pengabdi Setan 2

Intan Riskina Ichsan
Senin, 8 Agustus 2022 - 12:54
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Setelah sukses di tahun 2017 pada film pertama Pengabdi Setan, Joko Anwar kembali menyajikan sajian horor mencekam melalui Pengabdi Setan 2.

Berlokasi di rumah susun, ternyata pencarian tempat lokasi ini cukup unik dan menyulitkan.

Melalui podcast HAHAHA TV oleh Ernest Prakasa, Joko Anwar membagikan beberapa fakta mengenai rumah susun tempat lokasi syuting Pengabdi Setan 2 yaitu sebagai berikut:

1. Pencarian Rumah Susun Selama 4 Bulan

Pencarian panjang Joko Anwar dilakukan selama 4 bulan lamanya. Hal ini dikarenakan Joko ingin mencari rumah susun yang bersedia dipakai selama 1,5 bulan lamanya. Setengah bulan untuk segala persiapan, kemudian 1 bulan untuk waktu syuting.

2. Lokasi Ditemukan dari Twitter

Setelah hampir putus asa, Joko mencari rumah susun melalui Twitter dan dibantu oleh salah satu pengguna Twitter bernama Gabriella. Rumah susun tersebut terletak di Jakarta Timur dalam keadaan kosong.

3. Rumah Susun Kosong Selama 15 Tahun

Jika menggunakan rumah susun yang berpenghuni, Joko harus membiayai biaya relokasi dari para ratusan penghuni. Dengan rumah susun yang kosong ini, Joko bisa menggunakannya untuk syuting namun dengan perizinan dan pengamatan para ahli agar terbukti aman. Rumah susun ini kosong dan terbengkalai selama 15 tahun dan belum pernah dihuni siapapun sejak dibangun.

4. Konstruksi Bangunan Belum Lengkap

Karena rumah susun ini terbengkalai, maka banyak dinding-dinding yang belum dibangun. Bahkan untuk lift-nya sendiri kosong sehingga lift dibuat terlebih dahulu untuk kepentingan syuting. Akhirnya, beberapa lantai dibangun sendiri agar layak untuk dipakai syuting.

5. 26 Tangki Air untuk Merendam Satu Lantai

Terdapat adegan banjir pada Pengabdi Setan 2 yang merupakan air asli sebanyak 26 tangki tanpa CGI. Adegan tersebut dibuat secara natural, dengan truk tangki yang secara kontinyu terus berdatangan karena ada beberapa yang bocor sehingga harus terus dipenuhi kembali.

6. Minim Penerangan

Syuting dilakukan secara practical light yaitu jika adegannya hanya menggunakan korek api, maka benar-benar hanya menggunakan korek api sehingga akan terlihat benar-benar gelap. Begitupun dengan adegan yang hanya menggunakan senter atau lilin. Joko mempertahankan suasana seperti ini agar aktingnya terlihat natural dan benar-benar mencekam.

7. Kejadian Janggal Para Pemain di Rumah Susun

Salah satu pemain yang memerankan Wina, Nafiza Fatia Rani menangis karena melihat pintu di rumah susun terbuka dan menutup sendiri. Setelah ia tenang, ia kemudian melihat penampakan bayi merambat di tembok. Kemudian Ratu Felisha yang ketakutan karena minim cahaya, tidak ingin syuting sendiri dan ingin terus ditemani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro