Joko Anwar. /imdb.com
Entertainment

Muncul Petisi Terkait 'Photosensitive', Joko Anwar Pasang Flash Warning

Newswire
Selasa, 9 Agustus 2022 - 18:08
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Joko Anwar akan memasang peringatan flash warning di bioskop yang memutar film Pengabdi Setan 2: Communion.

Pemasangan ini dilakukan mulai hari ini, Selasa (9/8/2022) sebagai respons atas munculnya petisi yang meminta adanya peringatan flash warning.

"Terima kasih sudah mengingatkan kami, teman-teman. Mulai hari ini peringatan flash warning mulai dipasang di bioskop-bioskop di seluruh Indonesia," cuit Joko Anwar di akun Twitternya.

Flash warning tersebut dilakukan untuk mengantisipasi adanya penonton yang memiliki sensitivitas terhadap cahaya.

"MOHON PERHATIAN. Film ini menggunakan efek lampu flash dan strobo yang bisa menimbulkan kekambuhan pada penderita epilepsi photosensitive. Pengabdi Setan 2: Communion," demikian bunyi yang tertulis di kertas peringatan itu.

Sejak semalam, muncul petisi online di Change.org berisi permintaan agar pembuat film dan pengelola bioskop memasang flash warning pada Pengabdi Setan 2: Communion di seluruh bioskop Indonesia.

Petisi itu diusulkan oleh akun Cinefoxx ID yang kerap mereview film telah ditandatangani lebih dari 800 orang dari target 1.000 penanda tangan.

"Sebagai orang yang sudah menonton film ini, saya merasa bahwa film ini perlu menambahkan sebuah peringatan akan penggunaan flashing lights (cahaya kelap-kelip) yang begitu banyak di dalam filmnya," tulis pemilik akun tersebut.

Menurut Cinefoxx ID, flashing light berpotensi menimbulkan kejang-kejang atau epilepsi bagi para penonton yang sensitif terhadap cahaya kelap-kelip itu.

"Saya sebagai orang yang tidak sensitif akan flashing lights merasa pusing pada saat menonton film ini (terutama klimaksnya yang menampilkan flashing lights dalam jumlah yang banyak," tulisnya.

Ajakan menandatangani petisi tentang flash warning ini pun direspon positif oleh netizen. Mereka juga sepakat penggunaan cahaya kelap-kelip itu berisiko bagi penonton yang rawan epilepsi dan sensitif terhadap cahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro