Sebagian karya perancang Korea Selatan Kim Seo Ryong bertajuk Resort Collection 2022/23 yang menghadirkan motif-motif batik dalam karya pakaian pria atau menswear. Koleksi sebagai hasil kolaborasi dengan label batik Iwan Tirta Private Collection./ANTARA-Iwan Tirta X Kim Seo Ryong Resort Collection 2022
Fashion

Kolaborasi dengan Desainer Korsel, KBRI Seoul Promosikan Batik

Newswire
Sabtu, 13 Agustus 2022 - 04:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul menggandeng label batik Iwan Tirta Private Collection untuk mempromosikan batik lewat kerja sama dengan pewancang busana Korea Selatan. Kolaborasi ini ditampilkan secara daring pada Jumat (12/8/2022).

Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan kolaborasi ini dapat menjadi ajang untuk mempromosikan sektor ekonomi kreatif dan budaya Indonesia di Negeri Ginseng.

"Kolaborasi ini mencerminkan batik tidak hanya sebagai warisan budaya bangsa tetapi juga wearable arts dan produk kreatif yang menerima sambutan hangat dari masyarakat Korea Selatan," ujar Gandi, dikutip Sabtu (13/8/2022).

Kerja sama dengan perancang Korsel dan merek batik Indonesia untuk pertama kalinya dan difasilitasi oleh KBRI Seoul itu juga diharapkan dapat menciptakan peluang kerja bagi talenta muda Indonesia dan Korea Selatan.

Perancang busana Korsel Kim Seo Ryong dalam kesempatan itu menampilkan karya-karya bermotif batik melalui koleksi terbarunya bertajuk "Resort Collection 2022/23". Karyanya muncul dalam berbagai potongan mulai dari bomber jacket, flare pants, jas, hingga long coat.

Sang perancang memilih motif-motif Nusantara bernuansa cerah karena memiliki kesan tak lekang waktu (timeless) dan sesuai untuk kalangan mapan di Korea Selatan.

Pemilihan warna terang atau motif yang ikonik, dengan siluet busana yang arsitektural dan dekonstruktif juga memberi nafas baru penampilan busana pria.

Kim Seo Ryong, yang awalnya menjalani profesi sebagai pelukis, mengapresiasi keindahan batik, terutama batik tulis yang dikerjakan secara manual.

Dia lalu mengungkapkan tantangan mengolah karya dari kain batik, yang antara lain ukuran kain yang kadang terbatas, motif yang sakral, dan harus sesuai pakem.

Kim Seo Ryong berusaha menjaga falsafah desainnya dengan menghadirkan potongan tailored struktural dan tetap terjaga fluiditasnya.

Sementara itu, pemilik merek batik asal Indonesia Widiyana Sudirman mengatakan koleksi karya Kim Seo Ryong kali ini sebuah pencapaian baru yang dapat membuat batik mendapatkan perhatian kalangan bergengsi di pasar internasional.

“Sebuah kehormatan bagi kami, ketika motif batik Iwan Tirta, diapresiasi begitu tinggi oleh Kim Seo Ryong, desainer bereputasi di Korea Selatan," tuturnya.

Koleksi Kim Seo Ryong yang menggunakan kain batik Indonesia ini dapat ditemukan secara eksklusif di butik sang perancang pada Agustus 2022 di kawasan Gangnam, Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro